Contoh Daftar Nilai SMA Kurikulum 2013

Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2017/2018 tingkat SMA/SMK telah diterapkan serentak pada tahun ajaran baru ini, dengan adanya perubahan Kurikulum 2013 ini Administrasi sekolah pun harus menyesuaikan dengan Kurikulum yang baru. Untuk Sekolah yang sudah pernah melaksanakan Kurikulum 2013 tentu bukan masalah untuk menyusun Administrasi Sekolah.

Bagi sekolah yang baru pertama kali melaksanakan Kurikulum 2013 perubahan ini sedikit banyak menyusahkan dalam pembuatan Admnistrasi, terutama Administrasi Guru. Salah satu Administrasi yang harus disiapkan dan disesuaikan dengan Kurikulum 2013 adalah Daftar Nilai, Daftar Hadir Siswa yang sesuai dengan aturan penilaian pada Kurikulum 2013.

Forumpendidikan.com, kali ini akan membagikan secara gratis contoh Daftar Nilai Kurikulum 2013 untuk tingkat SMA, pada contoh Daftar Nilai Kurikulum 2013 ini sudah disesuaikan dengan aturan penilaian pada Kurikulum 2013. Adapun beberapa perubahan sistem penilaian dari Kurikulum 2006 (KTSP) menjadi Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut :
Contoh Daftar Nilai SMA Kurikulum 2013
Contoh Daftar Nilai SMA Kurikulum 2013

Pengetahuan

Pada Pengetahuan didalam contoh daftar nilai K13 ini terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah

Nilai Ulangan Harian

Nilai Ulangan Harian ini kami buat menjadi 4 kali Ulangan Harian, dimana masing-masing kolom Nilai Ulangan Harian terdapat kolom Remidial Ulangan Harian. Keempat Nilai Ulangan Harian Tersebut nantinya akan di rata-rata sehingga menjadi Nilai Ulangan Harian.

Nilai Tugas

Pada Kolom Nilai Tugas, dalam Contoh Daftar Nilai Kurikulum 2013 ini kami menyediakan 4 kolom, masing-masing diisi dengan nilai Tugas mata pelajaran yang bersangkutan, Kolom berikutnya adalah Nilai Rata-Rata Tugas yang nantinya akan menjadi Nilai Tugas.

Nilai UTS dan Nilai UAS

Pada contoh Daftar Nilai Kurikulum 2013 ini kolom Nilai UTS dan Nilai UAS diisikan dengan Nilai perolehan siswa pada masing-masing kegiatan Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester. Untuk Kolom nilai UTS dan Nilai UAS tidak terdapat kolom Remidial, karena secara aturan Remidial hanya boleh dilaksanakan pada kegiatan Ulangan Harian saja.

Nilai SIKAP

Pada Sheet kedua, Contoh Daftar Nilai Kurikulum 2013 ini berisikan proses penilaian Sikap yang akan diperoleh siswa, untuk Kurikulum 2013 SMA, Nilai Sikap diperoleh dari beberapa Aspek diantaranya adalah Penilaian Observasi, Penilaian Diri, Penilaian Antar Teman.

Nilai Sikap nantinya akan ditulis di Laporan Hasil Belajar siswa berupa Angka dan Kategori Sikap (A/B/C/D/E).

Nilai Keterampilan / Nilai Praktik

Perbedaan sistem Penilaian antara KTSP 2006 dengan Kurikulum 2013 adalah tersedianya penilaian Praktik atau keterampilan pada masing-masing mata pelajaran. Untuk penilaian Praktik atau Keterampilan ini bisa diperoleh dengan memperhatikan Hasil Praktik Siswa, Penilaian Proyek, Penilaian Laporan atau Porto Folio.

Untuk lebih jelasnya tentang Contoh Daftar Nilai Kurikulum 2013 SMA, anda bisa mendapatkannya pada link dibawah ini, Anda bisa dengan mudah mengadopsi dari Contoh Daftar Nilai Kurikulum 2013 SMA ini, dikarenakan pembuatan Contoh Daftar Nilai K13 ini dibuat dengan Ms. Excel. Semoga Bermanfaat....
Contoh Daftar Nilai SMA Kurikulum 2013
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 1:02 AM

Click to comment