Kenaikan Pangkat Guru Sering Terhambat

Kenaikan Pangkat Golongan Guru atau pendidik sampai saat ini masih banyak guru merasa syarat untuk kenaikan pangkat golongan terasa berat, pasalnya untuk kenaikan pangkat golongan saat ini memang ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendidik. Fakta di lapangan banyak guru yang mempunyai Golongan 4a, sangat sulit untuk naik pangkat menjadi 4b.
Administrasi Guru Menumpuk
Administrasi Guru Menumpuk

Kesulitan kenaikan pangkat golongan guru ini memang banyak dikeluhkan bagi sebagian pendidik di daerah, persyaratan kenaikan pangkat 4a ke 4b misalnya, seorang guru dengan pangkat golongan 4a untuk bisa naik pangkat menjadi 4b harus dan wajib untuk membuat karya ilmiah atau Penelitian Tindakan Kelas atau lebih dikenal dengan sebutan PTK.

Bagi guru-guru senior, pembuatan PTK ini memang terasa sangat membenani untuk mendapatkan kenaikan pangkat golongan, tak jarang para guru senior ini rela merogoh kocek untuk membayar jasa pembuatan penelitian tindakan kelas sebagai syarat untuk kenaikan pangkat mereka. Namun, tidak hanya sebatas membuat Penelitian tindakan kelas saja, untuk syarat kenaikan pangkat mereka para guru harus mempublikasikan karya ilmiah mereka atau Penelitian Tindakan kelas mereka untuk mendapatkan pengakuan bahwa karua ilmiah mereka sudah valid dan diakui untuk proses kenaikan pangkat golongan.

Mengajar dan Karir

Keluhan-keluhan Guru senior yang merasa keberatan tentang adanya persyaratan kenaikan pangkat memang tidak bisa dipungkiri, selain tugas pokoknya mengajar siswa atau peserta didik, guru di jaman sekarang memang terbelit berbagai macam Administrasi dari mulai perangkat pembelajaran, mengerjakan Aplikasi yang kebanyakan Online, hingga mengurusi Karirnya sendiri dalam hal ini pengajuan kenaikan pangkat.

Pekerjaan yang terlalu banyak ini cenderung dijadikan alasan, karena tidak fokus pada kegiatan belajar mengajar, hingga akhirnya yang terjadi adalah peserta didik merasa dirugikan, karena para guru nya sibuk dengan administrasi masing-masing, sehingga yang terjadi adalah prestasi peserta didik dalam hal akademik cenderung mengalami penurunan.