Sekilas Tentang Dapodik 2017d dan Info GTK

Aplikasi Dapodik telah mencapai Versi 2017, Versi terakhir Aplikasi Dapodik sementara ini adalah Dapodik 2017c, Menurut kabar dari teman-teman Operator sekolah yang menangani langsung Dapodik, Aplikasi Dapodik ini akan merilis Versi terbarunya pada awal bulan Agustus, Rencananya Aplikasi Dapodik Versi terbaru akan diberi nama Aplikasi Dapodik Versi 2017d, Dapodik Versi 2017d ini adalah penyempurnaan dari aplikasi Dapodik 2017c.

Dapodik Versi 2017d

Apakah yang membedakan dengan Aplikasi Dapodik sebelumnya (2017c) menurut sumber berita, Aplikasi Dapodik Versi 2017d akan ada penambahan-penambahan pada fiturnya dan merupakan penyempurnaan dari Aplikasi Dapodik Versi 2017c. Jika pada Aplikasi Dapodik Versi 2017c telah ditambahkan fitur nilai raport, fitur nilai Sekolah dan Nilai Ujian Sekolah, pada Aplikasi Dapodik Versi 2017d ini akan ditambahkan beberapa fitur lainnya yang tentunya akan menunjang data keseluruhan dari Data Periodik Sekolah.
Sekilas Tentang Dapodik 2017d dan Info GTK
Sekilas Tentang Dapodik 2017d dan Info GTK

Info GTK akan dihapus.

Selain Pembaharuan Dapodik Versi 2017d, akan ada beberapa perubahan-perubahan penting berkaitan tunjangan Sertifikasi Guru, salah satu info yang kami terima adalah adanya perubahan akses info GTK pada awal bulan Agustus.

Info GTK yang sebelumnya masih bisa diakses untuk mengetahui apakah Guru yang bersangkutan sudah termasuk penerima Sertifikasi guru, untuk bulan Agustus akses ke Info GTK sudah ditutup. Sebagai gantinya setiap Guru akan mengecek informasi mengenai data Pribadinya melalui Akun SIM PKB, jadi hanya guru yang mempunyai Akun SIM PKB dan terdaftar sebagai anggota komunitas saja yang bisa mengakses informasi tentang Tunjangan Sertifikasi Guru.

Aplikasi Kehadiran Guru

Selain informasi diatas, pemerintah Propinsi Jawa Tengah akan berencana mengeluarkan Aplikasi berkenaan dengan Kehadiran Guru. Aplikasi Kehadiran Guru ini rencana akan dirilis untuk mempermudah Presensi Guru disekolah, Setiap Guru nantinya akan diwajibkan untuk membuka aplikasi untuk melakukan Absensi Kehadiran di tempat kerja. Untuk Sementara ini informasi tentang pelaksanaan Aplikasi Kehadiran Guru masih sebatas wacana, namun pelan tapi pasti, Aplikasi Kehadiran Guru akan segera dirilis.

NIK GTK Sinkron dengan Dukcapil

Pada Tahun 2018, nantinya Info GTK berdasarkan Nomor Induk Kependudukan akan langsung terintegrasi dengan data dari DUKCAPIL, sehingga hanya GTK yang terdaftar di DUKCAPIL saja yang akan bisa tercover datanya melalui Aplikasi Dapodik.

Selain itu penerbitan SKTP pada semester gasal tahun pelajaran 2017/2018 akan diterbitkan SK nya, sehingga data Pendidik pada aplikasi Dapodik di sekolahan masing-masing harus sudah Valid terakhir pada akhir Bulan Agustus 2017.


Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 7:32 AM

Click to comment