Verval GTK di SIM PKB

Mulai tanggal 1 Juli 2017, semua guru baik PNS maupun non PNS pengecekan Info GTK mengalami perubahan, jika sebelum tanggal 1 Juli 2017 pengecekan info GTK melalui laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ sedangkan setelah tanggal 1 Juli 2017 laman resmi info GTK sudah tidak bisa diakses lagi.

Sebagai Informasi Info GTK adalah laman resmi untuk mengetahui informasi tenaga pendidik, apakah Guru tersebut sudah mempunyai data yang Valid berdasarkan data yang di input pada Aplikasi Dapodik, Info GTK juga befungsi untuk mengecek apakah Guru tersebut sudah masuk kedalam kriteria penerima tunjangan sertifikasi atau belum.

Verval GTK di SIM PKB

Perubahan laman untuk mengecek apakah Guru tersebut sudah layak menerima sertifikasi sekarang ini hanya bisa di cek melalui laman SIM PKB. SIM PKB ini pengembangan dari laman sebelumnya yang bernama Guru Pembelajar.

Melalui laman SIM PKB ini  nantinya info GTK akan bisa di akses pada laman SIM PKB. SIM PKB atau yang dulu dikenal dengan Guru Pembelajar ini merupakan laman resmi dimana nantinya akan memuat seluruh informasi yang berkenaan dengan data pendidik.

Hanya Guru yang sudah Verval bisa Akses SIM PKB

Perubahan informasi tentang info GTK ini sedikit banyak membingungkan para guru senior yang sudah mendapatkan sertifikasi Guru. Menurut Informasi yang kami dapat, hanya guru yang sudah  melakukan Verval PTK di SIM PKB yang dapat mengakses laman SIM PKB untuk mengetahui Info GTK.

Jadi, bagi anda guru yang sudah mendapatkan sertifikasi guru sebaiknya segera untuk melakukan Verval PTK pada laman SIM PKB. Informasi terbaru untuk batas akhir melakukan Verval PTK pada laman SIM PKB ini hingga tanggal 17 Juli 2017. Verval GTK atau Verval PTK pada SIM PKB ini sudah bisa dimulai pada sebelum tanggal 1 Juli 2017.
Login SIM PKB
Login SIM PKB

Login SIM PKB

Jika anda belum melakukan Login di laman SIM PKB, berikut caranya :
  • Masukkan email, email ini diisikan dengan Nomor Peserta UKG pada Tahun 2015, ciri nomor peserta UKG Tahun 2015 ini diawali dengan angka 2015XXXX.
  • Masukkan Password, Password ini anda dapatkan dari ketua MGMP Mata pelajaran.
Setelah Masuk kedalam Akun SIM PKB anda, maka langkah selanjutnya adalah mengecek kebenaran data yang anda miliki, apakah sudah sesuai dengan data yang sekarang ini atau belum, caranya adalah sebagai berikut :
  • Perhatikan pada bagian Kanan Atas, Klik "Lengkapi Sekarang"

Cara Verval di SIM PKB
Cara Verval di SIM PKB
  • Perhatikan Komunitas dan Kelas Pembelajaran, jika pada akun anda sudah menampilkan seperti gambar dibawah ini, berarti anda sudah otomatis melakukan Verval pada SIM PKB.

Cara Verval di SIM PKB
Cara Verval di SIM PKB
  • Lakukan Edit pada Akun SIM PKB anda.
  • Perbaharui data SATMIKAL di SIM PKB, Jika sudah benar maka tinggal SIMPAN saja.

Cara Verval di SIM PKB
Cara Verval di SIM PKB
  • Jika data yang anda miliki sudah sesuai dengan kondisi sekarang, langkah terakhir adalah SIMPAN.

Lupa Nomor Peserta UKG

Beberapa masalah yang sering ditemukan dalam login SIM PKB adalah biasanya guru atau GTK yang bersangkutan Lupa Nomor Peserta UKG Tahun 2015. Jika anda mengalami Lupa Nomor Peserta UKG maka dapat dipastikan anda tidak akan bisa Login kedalam SIM PKB,

Jika Anda lupa Nomor Peserta UKG anda bisa mendapatkan Nomor Peserta UKG dengan cara berikut ini :

Lupa Nomor Peserta UKG
Lupa Nomor Peserta UKG
  • Buka Laman SIM PKB
  • Klik Registrasi Akun, atau anda bisa klik tautan ini LUPA NOMOR PESERTA UKG
  • Lalu, isikan Nama GTK, Pilih Propinsi dan Pilih Kota/Kabupaten anda.

Lupa Password pada SIM PKB

Setelah anda menemukan Nomor Peserta UKG anda langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan Password yang telah anda miliki sebelumnya. Lalu bagaimanakah jika ternyata anda lupa dengan Password pada akun SIM PKB anda.

Untuk lupa Password anda bisa menanyakan kembali kepada Ketua MGMP anda, karena hanya ketua MGMP sajalah yang bisa mengubah atau mencetak kembali Akun Guru Pembelajar atau Akun GTK.

Raport Merah Pada Hasil UKG bertambah

Beberapa teman guru yang tidak mengikuti perkembangan UKG atau Uji Kompetensi Guru biasanya kebingungan, karena setelah bisa masuk ke Akun atau Verval Guru di SIM PKB, telah muncul hasil UKG 2017, sedangkan pelaksanaan Uji Kompetensi Guru untuk Tahun 2017 belum juga dilaksanakan.

Tampilan Raport merah bertambah banyak dari sebelumnya ini di karenakan Hasil yang ditampilkan pada Laman SIM PKB Tahun 2017 adalah Hasil UKG yang anda peroleh di Tahun 2015, Mengapa merahnya bertambah banyak pada hasil UKG ?

Bertambah nya warna merah atau raport UKG ini disebabkan karena berubahnya KCM pada UKG 2015 dan UKG 2017 yang akan dilaksanakan, jika pada UKG 2015 KCM atau Kriteia Capaian minimal sebesar 55, sedangkan pada UKG 2017 KCM naik dan berubah menjadi 70, sedangkan Hasil dari UKG 2015 masih dijadikan Patokan untuk menampilkan Raport UKG 2017.

Kesimpulannya adalah Nilai atau Raport merah pada UKG menjadi bertambah di karenakan KCM meningkat sedangkan hasil UKG yang ditampilkan masih berpatokan dengan Hasil UKG 2015, simpelnya Nilai UKG masih UKG 2015 sedangkan KKM ( KCM) menggunakan KCM UKG 2017.
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 10:11 PM

Click to comment