PMP 2017, Pemetaan Mutu Pendidikan

Satu lagi yang harus dikerjakan oleh Opertor sekolah, adalah PMP 2017, PMP sendiri adalah Pemetaan Mutu Pendidikan yang diselenggarakan oleh Dikdasmen, dengan kata lain Aplikasi PMP 2017 ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat Mutu Pendidikan pada suatu sekolah, yang nantinya akan di rekap menjadi tingkat Kabupaten, dan seterusnya nantinya akan menjadi Pemetaan Mutu Pendidikan di Tingkat Propinsi.
PMP 2017, Pemetaan Mutu Pendidikan
PMP 2017, Pemetaan Mutu Pendidikan

Melalui Aplikasi PMP 2017 ini pemerintah sebenarnya ingin mengetahui seberapa besar mutu pendidikan yang ada di daerah. Berdasarkan Surat Edaran yang disampaikan Dirjen Dikdasmen No 09/D/PD/2017 Tentang Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun Ajaran 2017/2018, sekolah wajib melengkapi data instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) yang sudah disediakan, Data Instrumen PMP 2017 ini berkenaan dengan kondisi Riil apa yang ada di sekolah bersangkutan.

Pengisian Angket atau Quisioner dilakukan oleh beberapa pihak yang berhubungan langsung dengan data yang ada di sekolah yang bersangkutan, diantaranya adalah Guru Mata Pelajaran, Kepala Sekolah, Komite Sekolah dan juga Peserta Didik.

Batas Waktu Pengiriman data PMP 2017, diberikan hingga tanggal 30 September 2017, Untuk memudahkan dalam mengerjakan Data yang diminta oleh PMP 2017 ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi Operator Sekolah, dikutip dari Laman Resmi PMP 2017 http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ beberapa langkah untuk memudahkan dalam mengerjakan PMP 2017 diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pengiriman data PMP dr sekolah dibuka pada tanggal 15 Juli 2017 sesuai dengan surat edaran seiring diinformasikan dalam website resmi ini.
  2. Aplikasi PMP versi 2.0 kompatibel dengan Aplikasi Dapodik 2017 dan versi updater-nya. Sehingga sekolah dapat langsung mulai menginput data PMP tanpa harus menunggu updater terbaru dari Dapodik. Panduan Aplikasi akan dimuat di laman web PMP.
  3. Perbaikan dan peningkatan pelayanan pemetaan mutu pendidikan terus diupayakan oleh Ditjen Dikdasmen baik dari sisi infrastruktur maupun sarana prasarana pendukungnya, sehingga diharapkan tahun 2017 ini implementasi PMP dapat berjalan lebih baik lagi dibanding tahun sebelumnya. Disarankan agar selalu meng-update informasi di web dapodik dan PMP.
  4. Perbaikan dan optimalisasi aplikasi juga dilakukan dengan merilis Aplikasi PMP versi 2.0 dan Website PMP versi 2.0 dengan beberapa perbaikan dan penambahan fitur-fitur di dalamnya. Fitur tersebut diantaranya Optimasi metode kirim data yang lebih ringan, pemrosesan data, Login LPMP dan Dinas Pendidikan, Menu Raport Mutu, Sekolah Model, Menu Fasilitator, Menu Jadwal Pelatihan, dsb yang sekiranya dapat bermanfaat untuk implementasi PMP 2017.
  5. Adanya Feedback dan Tindak Lanjut dari Rilis Aplikasi PMP 2017. Sampai dengan akhir bulan Juli 2017 akan dilakukan evaluasi dari feedback yang
    kami terima selama pemetaan pasca rilis aplikasi berlangsung.
Tindak lanjut dari evaluasi pelaksanaan selama bulan Juli ini adalah antara lain:
  1. Merilis Updater PMP versi 2.1 pada awal Agustus. (Tidak perlu melakukan install ulang, cukup dengan cek pembaharuan online atau install Updater PMP v2.1)
  2. Me-reset Progress Pemetaan Mutu Tahun 2017 ke titik awal dan menampilkan kembali hasil Pemetaan tahun 2016 sebagai data histori apabila diperlukan.
  3. Melengkapi dan menyempurnakan Website PMP secara progressif seiring saran dan masukan yang kami terima.
  4. Manual Aplikasi PMP dan FAQ akan dimuat di laman web PMP sesuai dengan perkembangan dan perubahan aplikasi.
  5. Bantuan Layanan Operator dapat menghubungi LPMP atau Dinas Pendidikan wilayah masing-masing yang selalu berkoordinasi dengan pusat.
Demikian informasi yang dapat disampaikan dan semoga bermanfaat dalam pelaksanaan pemetaan mutu pendidikan Ditjen Dikdasmen tahun 2017. ( dikutip dari laman Resmi PMP )
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 9:44 PM

Click to comment