Tidak Bisa Instal Dapodik 2018

Peluncuran Aplikasi Dapodik Versi 2018 disambut dengan suka dan duka, sukanya adalah dengan adanya Dapodik 2018 ini proses Bantuan Operasional Sekolah masih akan berlanjut, seperti kita ketahui bahwa proses pencairan BOS ini tergantung dengan data yang tersajikan pada aplikasi Dapodik. Duka nya adalah kerja Operator sekolah akan bertambah, mengapa bertambah ? karena Dapodik Versi 2018 ini telah menambahkan beberapa fitur baru seperti penempatan Jadwal Pelajaran, Rombel Ekstra Kurikuler dan juga fitur nilai Raport untuk Semester Genap.
Cara Instal Dapodik 2018
Cara Instal Dapodik 2018

Bagi Operator Sekolah yang sudah lama menangani Aplikasi Dapodik pada versi sebelumnya memang sudah tidak asing lagi dengan Dapodik Versi 2018 yang baru ini. Namun, Bagi Operator Baru yang baru saja menangani Aplikasi Dapodik 2018 ini tentu mengalami kesulitan.

Walaupun sebenarnya, Panduan atau Cara Intsal Dapodik 2018 ini sudah diberikan buku Panduan, tidak jarang masih banyak operator yang pusing bagaimana cara instal Dapodik 2018. Forumpendidikan.com kali ini akan memberikan TIPS Singkat bagaimana cara instal Dapodik 2018 yang sederhana dan simpel.

Unduh dan Instal Versi Dapodik 2018

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengunduh Aplikasi Dapodik 2018 pada laptop anda. Jika anda masih belum mempunyai LINK Dapodik 2018 yang baru, anda bisa mengunduhnya pada link dibawah ini :
Dapodik 2018
Link Alternatif :
Setelah berhasil menguduhnya, segera Instal Dapodik Versi 2018 di Laptop anda.
Catatan :
Sebagai informasi, dalam melakukan instalasi Dapodik Versi 2018, jika Laptop yang anda gunakan telah terinstal Aplikasi Dapodik Versi lama, segera hapus instalan Dapodik Versi lamanya, sehingga proses Instalasi Dapodik 2018 tidak mengalami kendala.

Unduh Prefil Sekolah

Setelah anda berhasil mengintsal Dapodik 2018, langkah berikutnya adalah dengan mengunduh Prefil Sekolah. Prefil Sekolah ini berfungsi untuk menampilkan Data Sekolah anda yang telah tercatat pada Database Dapodik versi sebelumnya.

Tempatnya atau copy paste, prefil sekolah anda pada folder : prefil di Aplikasi Dapodik (biasanya di directory C: )

Kendala yang dihadapi saat Instalasi Dapodik 2018

Pertama : Biasanya instalasi tidak berhasil, ini dikarenakan beberapa hal, salah satunya adalah perangkat yang tidak sesuai, usahakan dalam menginstal Dapodik Versi 2018 ini memiliki Laptop atau perangkat Komputer Minimal Core i3, dengan RAM 4 Gb, dan windows 64 Bit

Kedua : Unduhan prefil sekolah yang tidak sempurna, untuk masalah ini dan jika anda mengalami kendala dalam mengunduh prefil sekolah, gantilah dengan menginstal melalui online. Tentu saja jika anda menginstal melalui online anda harus mempunyai koneksi internet yang lancar.

Update Data Sekolah

Setelah anda berhasil menginstal Dapodik 2018, segeralah Update Data Sekolah anda dengan data terbaru yang ada pada saat ini, Beberapa Langkah mudah untuk mempercepat kinerja Operator Sekolah Dapodik 2018, anda bisa melakukan langkah-langkah berikut :
  • Login di Tahun Ajaran 2017/2018 Semester Ganjil
  • Pada Tab Sekolah, perbarui Data > Data Rinci Sekolah > Isi Data secara lengkap
  • Pada Tab Sarpras > Menu Aksi > Salin Data Periodik.
  • Pada Tab GTK > Guru/Tendik > Salin Penugasan.
  • Pada Tab Peserta Didik > Salin Data Periodik.
  • Rombongan Belajar > Reguler > Menu Aksi > Kenaikan Kelas.
  • Peserta Didik > Baris/Halaman > Tampilkan Semua >Tingka Kelas untuk saat ini > Urut Naik >> Pilih semua Tingkat Kelas saat ini/ Rombel yang kosong (caranya Klik pada baris pertama lalu scroll ke bagian terakhir yang kosong) >> Proses Kelulusan Bersama
Catatan :
Untuk Proses Kelulusan Bersama, Alasan diisi dengan "LULUS", sertakan tanggal Kelulusan Sekolah anda 2 Mei 2017

Demikian cara mudah untuk mengerjakan Aplikasi Dapodik 2018, semoga bermanfaat, jika ada kendala silahkan berkomentar pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih SALAM SATU DATA
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 9:23 AM

Click to comment