Hasil UTN PLPG 2017

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru atau yang lebih familiar diucapkan PLPG untuk tahun 2017 ini masih berlangsung, para peserta yang sudah memenuhi syarat sedang memperjuangkan nasibnya untuk mendapatkan Sertifikasi Guru.
Hasil UTN PLPG 2017
Hasil UTN PLPG 2017

Pola PLPG Tahun 2017 ini merupakan gabungan dari Daring dan Tatap muka, untuk Daring para peserta PLPG diharuskan membuat rangkuman yang berupa laporan kemajuan yang dilaksanakan secara online. Tidak hanya itu saja setelah melaksanakan Daring para peserta akan menempuh Pelatihan Profesi Guru yang diselenggarakan oleh masing-masing LPTK yang ditunjuk.

Tidak hanya pelatihan yang harus diikuti peserta PLPG 2017 ini, para peserta juga akan menerima materi Workshop sesuai dengan Mata Pelajaran Sertifikasinya. Pada pelaksanaan Workshop ini peserta PLPG nantinya akan melalui serangkaian kegiatan seperti peer Teaching dan lain sebagainya.

UTL PLPG 2017

Ada yang tidak kalah penting dari pola sertifikasi melalui jalur PLPG tahun 2017 ini, selain mengikuti pendidikan dan pelatihan (Workshop) para peserta PLPG 2017 ini harus mengikuti UTL (Ujian Tulis LPTK) untuk UTL ini diselenggarakan disaat sela-sela pelaksanaan PLPG, biasanya diselenggarakan pada saat PLPG berjalan 3 hari dari hari pertama.

Bagi peserta yang nilai UTL nya masih belum memenuhi KKM, maka peserta akan diberi kesempatan sebanyak dua kali untuk melakukan Remidial UTL.

UTN PLPG 2017

Selain adanya Uji Tulis LPTK atau UTL, para peserta PLPG 2017 ini diwajibkan untuk mengikuti UTN atau yang dikenal dengan Ujian Tulis Negara, Pada pelaksanaan UTN ini para peserta PLPG 2017 harus memperoleh nilai standar minimal 80.

Bentuk Soal UTN ini terdiri dari 100 butir soal pilihan ganda dengan waktu mengerjakan sebanyak 120 menit, pelaksnaan UTN sendiri dilakukan secara online hampir mirip dengan pelaksanaan UNBK ataupun Ujian CBT.

Nilai yang standar minimal yang ditetapkan pemerintah untuk UTN adalah 80 ini dirasa sebagian peserta PLPG sangat memberatkan, Pemerintah memberikan solusi jika ada peserta PLPG yang memperoleh nilai UTN dibawah 80, pemerintah memberikan kesempatan untuk melakukan UTN ulang sebanyak 4 kali dalam 2 tahun.

Dapat disimpulkan bahwa bagi peserta PLPG yang memperoleh nilai UTN kurang dari 80, maka bisa melakukan UTN ulang sebanyak 2 kali dalam 1 setahun, atau bisa dikatakan UTN ulang dilakukan setiap semester 1 kali selama 2 tahun.

Hasil UTN PLPG 2017

Perolehan hasil UTN PLPG 2017 tidak langsung muncul pada saat peserta telah selesai mengerjakan UTN, Hasil UTN akan diumumkan setelah semua peserta PLPG 2017 telah melaksanakan PLPG dan telah mengerjakan soal UTN.

Pengumuman Hasil UTN PLPG 2017 akan diumumkan secara resmi pada laman http://kemdiknas.swin.net.id/pub/index.php?pg=home
untuk mengetahu Hasil UTN PLPG 2017 anda cukup memasukkan NUPTK anda pada kolom pencarian.
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 8:48 AM

Click to comment