Helper Dapodik 2.9 di Dapodik 2018a

Forumpendidikan.com, kali ini kami akan membahas tentang penggunaan tools Helper Dapodik 2.9. Bagi anda operator Sekolah tools yang satu ini tentu saja sudah tidak asing, bahkan menurut pengakuan salah satu operator sekolah sering menggunakan tools helper dapodik ini.

Penggunaan Tools Helper Dapodik keberadaannya memang sangat membantu kinerja operator sekolah terutama jika menemui data yang telah diisikan pada aplikasi dapodik disekolahnya ada yang salah. Dengan bantuan Helper Dapodik, operator sekolah dapat mengedit lagi data yang salah tanpa harus melalui verval PD maupun tanpa melalui verval PTK.

Helper Dapodik 2.9 di Dapodik 2018a
Helper Dapodik 2.9 di Dapodik 2018a

Helper Dapodik Versi 2.9 tidak support Dapodik 2018a

Perkembangan aplikasi Dapodik 2018a memang sudah mengalami perkembangan, ada beberapa perubahan-perubahan pada Dapodik 2018a yang membuat database pada Dapodik menjadi aman dan sulit ditembus.

Pada awal peluncuran Aplikasi Dapodik Sekolah memang sudah menginformasikan bahwa pengisian data menggunakan aplikasi kedua selain Dapodik akan membuat database menjadi rusak dan tidak sempurna, hal ini sudah terjadi pada aplikasi Dapodik Versi 2018a, Jika pada Aplikasi Dapodik sebelum 2018a, penggunaan tools seperti Helper Dapodik masih bisa digunakan oleh Operator Sekolah tanpa melalui Verval PD dan tanpa melalui Verval PTK.

Database Dapodik Rusak

Penggunaan Aplikasi lain selain Dapodik 2018a akan membuat rusaknya data yang telah diisikan oleh operator sekolah, alhasil Aplikasi Dapodik 2018a tidak bisa dibuka kembali. Beberapa kejadian tentang tidak bisa dibukanya aplikasi Dapodik 2018a ini tentu saja membuat panik operator sekolah.

Dapodik 2018a tidak akan berfungsi normal karena penggunaan Helper Dapodik 2.9, jika anda mengalami hal yang demikian dengan ciri Database Dapodik tidak ditemukan Server maka sudah dapat dipastikan anda telah menggunakan aplikasi Helper Dapodik untuk memanipulasi data Dapodik 2018a.

Intsal Ulang Aplikasi Dapodik

Database dapodik yang rusak atau Aplikasi Dapodik 2018a tidak bisa dibuka karena penggunaan Helper Dapodik 2.9 maka langkah yang anda lakukan adalah melakukan instal ulang pada Aplikasi Dapodik 2018a.

Melakukan instal ulang Dapodik 2018a tidak akan mengubah database hasil sinkronisasi terakhir anda, jadi bisa dipastikan database yang terakhir tersimpan masih tetap ada dan aman.
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 7:36 AM

Click to comment