UTN, UKG, Pretest PPGJ

Pendaftaran PPGJ sekarang ini masih berlangsung, permasalahan-permasalahan mulai muncul seiring ditemukannya PTK yang tidak mendapatkan undangan untuk mendaftar PPGJ 2017. Banyak PTK yang belum sertifikasi dan tidak dalam proses mengikuti PLPG masih juga belum mendapatkan undangan untuk mendaftarkan dirinya untuk mendapatkan sertifikasi guru melalui jalur PPGJ.

Pola Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan ini masih belum jelas bagaimana nanti sistem pelaksanaan PPGJ 2017. Yang jelas untuk pola PPGJ dalam rangka mendapatkan pengakuan Sertifikat pendidik saat ini semakin sulit dan rumit. Isu yang beredar pelaksanaan PPGJ 2017 atas biaya sendiri, benar atau tidak nya isu yang berkembang di kalangan pendidik tersebut semakin membuat resah guru-guru yang belum mendapatkan sertifikasi.
Pre Test PPGJ
Pre Test PPGJ

Seleksi PPGJ

Sampai saat ini tertanggal 14 November 2017, proses pendaftaran PPGJ masih berlangsung. Pendaftaran ini melalui masing-masing akun SIMPKB yang mendapatkan undangan untuk mendaftar PPGJ. Untuk pendaftaran ini memang sangat mudah anda cukup mengisi biodata anda dengan lengkap yang nantinya akan diakhiri dengan proses Upload Ijazah terakhir anda.

Setelah anda selesai mendaftarkan diri anda akan diinformasikan untuk mencetak formulir Ajuan PPGJ. Proses selanjutnya adalah menunggu keputusan dari pendaftaran anda, sampai tahap ini yang harus anda lakukan adalah selalu mengecek Akun SIMPKB anda apakah pengajuan pendaftaran PPGJ anda diterima atau bahkan pengajuan pendaftaran PPGJ ditolak.

Sebagai informasi, untuk proses seleksi pendaftaran PPGJ yang berwenang untuk menentukan anda layak atau tidak untuk melaksanakan PPGJ adalah LPTK dari masing-masing Daerah.

Preetest PPGJ

Setelah proses pendaftaran dan berhasil disetujui oleh LPTK, maka langkah selanjutnya adalah melakukan PreTest PPGJ. Sampai tahap ini beberapa PTK mengaku kebingungan bagaimanakah pelaksanaan Pretest PPGJ yang akan dilakukan setelah semua PTK melakukan Pendaftaran PPGJ dan disetujui ?

Pelaksanaan Pretest PPGJ hampir sama dengan pelaksanaan UKG maupun pada pelaksanaan UTN (Tahap PLPG). Pretest PPGJ ini dilakukan secara online dengan mengadopsi sistem CBT. Tempat Pelaksanaan Pretest PPGJ akan diinformasikan oleh LPTK masing-masing. Sebagi bahan review untuk pelaksanaan Pretest PPGJ ini akan dilakukan di daerah masing-masing yaitu di beberapa sekolah yang ditunjuk masing-masing Kabupaten untuk melaksanakan Pretest PPGJ.

KKM 80

Pelaksanaan Pretest PPGJ yang hampir sama dengan UKG maupun UTN memang menimbulkan banyak pro dan kontra, salah satu yang masih menjadi perdebatan adalah tentang Kriteria Capaian Minimal Pretest PPGJ dengan nilai minimal 80.

KCM 80 untuk Pretest PPGJ ini dirasa semakin mempersulit Guru-guru yang akan melaksanakan Pretest PPGJ. Dengan soal pilihan ganda sebanyak 100 butir soal dan hanya diberi waktu 120 menit, para peserta PPGJ yang melaksanakan Preetest harus meminimalisir kesalahan dalam mengerjakan soal-soal pada Pretest PPGJ.
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 7:39 AM

Click to comment