Update Data Dapodik

Pembenahan demi pembenahan pada aplikasi sekolah Dapodik hampir dapat dipastikan terjadi setiap semester, beberapa perbaikan demi menjamin mutu pendidikan di Indonesia agar menjadi lebih baik dilakukan pemerintah melalui Aplikasi Dapodik.

Pada awal kemunculan Aplikasi Sekolah yang dulu dikenal dengan PAS, sekarang menjelma dan berubah menjadi Aplikasi Dapodik. Pada Aplikasi Dapodik ini pemerintah ingin mengetahui perkembangan data sebenarnya yang telah diinput masing-masing sekolah.
Update Data Dapodik
Update Data Dapodik

Operator Sekolah

Kevalidan data sekolah bisa dipantau langsung oleh pemerintah melalui Aplikasi Dapodik, mulai dari jumlah tenaga pengajar, staff TU dan juga sarana, prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut. Salah satu pihak yang tidak boleh dikesampingkan adalah peran dari Operator Sekolah.

Operator sekolah memegang peranan penting demi data yang Valid dan disajikan melalui pengisian data periodik pada setiap semester, dengan kata lain Aplikasi Dapodik ini akan terus mengalami pembaharuan Data sebanyak 2 kali dalam satu tahun pelajaran.

Dana BOS

Aplikasi Dapodik sekolah ini juga sebagai pedoman pemerintah untuk memberikan Bantuan Operasional Sekolah atau lebih dikenal dengan BOS. Berkaitan dengan pencairan Dana BOS hal ini lagi-lagi tergantung dari validitas data sekolah yang mengacu pada jumlah Peserta Didik di sekolah tersebut.

Bantuan Pemerintah

Selain Dana BOS yang selama ini menyokong "Perekonomian" sekolah, melalui Data dari Dapodik ini pemerintah juga memantau perkembangan sekolah dari segi sarana dan prasarananya. Untuk itulah Data yang nantinya disajika oleh sekolah melalui Dapodik sangat diharapkan dengan pengisian Data yang sebenar-benarnya dan tanpa adanya rekayasa Data.

Sertifikasi Guru

Program Aplikasi Dapodik ini juga sangat berkaitan dengan proses pencairan Dana bagi guru-guru yang sudah ber sertifikat Pendidik. Berpedoman dengan JJM atau Jumlah Jam Mengajar yang diisikan pada Aplikasi Dapodik ini menjadikan Dapodik sangat Vital Perannya demi pencairan Uang Sertifikasi.

Database Peserta Ujian Nasional

Tidak kalah pentingnya yang telah Forumpendidikan.com sebutkan diatas adalah tentang Peserta Ujian Nasional. Isian data pribadi Siswa pada Aplikasi Dapodik ini nantinya akan dijadikan pathokan atau sebut saja dijadikan Database untuk menentukan Jumlah Peserta Ujian Nasional.

Adapun data yang dibutuhkan untuk pendaftaran Peserta Ujian Nasional biasanya mengikuti data pribadi pada jenjang sebelumnya.
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 7:14 AM

Click to comment