Pengisian Dapodik Guru TIK SMA

Forumpendidikan.com, pada postingan kali ini kami akan membahas bagaimanakah pengisian Guru TIK SMA pada aplikasi DAPODIK. Informasi yang kami berikan dilatarbelakangi adanya permasalahan pada Pengisian Mata Pelajaran TIK SMA pada dapodik, beberapa kasus yang kami temui dilapangan ada beberapa Guru TIK yang sudah Lulus Sertifikasi namun pada Info GTK nya masih terdapat data yang belum Valid.

Ketidak Valid an data pada Info GTK terutama untuk Guru Mata Pelajaran TIK biasanya terjadi karena salah pengisian jumlah Jam Mengajar pada Aplikasi Dapodiknya. Guru TIK saat ini memiliki kesamaan dengan Guru BK. Dengan kata lain Guru TIK tidak lagi mengajar secara tatap Muka di kelas.
Pengisian Dapodik Guru TIK SMA
Pengisian Dapodik Guru TIK SMA

Kesalahan pengisian jumlah jam Mengajar TIK biasanya terjadi karena operator dapodik dan Guru TIK tidak mengikuti perkembangan tentang aturan bahwa Guru TIK berubah menjadi Guru BPTIK atau dengan kata lain perhitunga JAM TIK sama dengan perhitungan GURU BP yaitu 24 Jam = 150 Siswa.

Pengisian Guru TIK di Dapodik (SMA)

Untuk lebih jelasnya tentang pengisian JAM TIK pada aplikasi DAPODIK SMA, silahkan simak keterangan berikut ini :

  • Guru TIK SMA pada Jenis PTK bukan lagi berstatus Guru Mapel, melainkan harus dipilih "GURU TIK" fitur ini dapat anda temukan di Aplikasi Dapodik pada data PTK - Kepegawaian - Jenis PTK.
  • Jumlah Jam Mengajar = 0
  • Pada pengisian Jumlah Jam Mengajar Guru TIK pengisiannya adalah 0 Jam, Kebanyakan Operator Sekolah lalai mengisikan Jumlah Jam Mengajar TIK dengan mengisikan Jumlah Jam Mengajarnya 2 Jam. Seharusnya untuk Jumlah Jam Mengajar pada Guru TIK adalah 0 Jam.
  • Perhitungan 24 Jam Guru TIK sama dengan Perhitungan Guru BP/BK yaitu untuk 150 Siswa = 24 Jam.
Demikian tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Guru TIK pada Info GTK masih belum liner JJM nya, semoga informasi ini bisa bermanfaat. Terima Kasih
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 12:29 AM

Click to comment