4C untuk Pendidikan Penguatan Karakter

Dalam rangka penguatan karakter pada peserta didik, beberapa perubahan-perubahan sering terjadi dalam sistem pendidikan kita, salah satu perubahan yang sering dialami dalam pendidikan di Indonesia adalah dengan adanya perubahan Kurikulum. Perubahan Kurikulum ini seakan menjadi hal yang biasa terjadi, perubahan dengan sitem kurikulum ini mempunyai tujuan untuk memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia yang dirasa sudah usang dan ketinggalan dengan negara-negara tetangga.

4C untuk Pendidikan Penguatan Karakter
4C untuk Pendidikan Penguatan Karakter


Dikutip dari JNN (11/07/17) menyebutkan bahwa seorang guru atau pendidik harus mampu membangun karakter siswa atau peserta didiknya. Pendidikan Karakter yang ditanamkan kepada sswa atau peserta didik ini akan menjadikan siswa atau peserta didik menjadi lebih berani bersaing pada abad 21. PPK atau yanglebih dikenal dengan Pendidikan Penguatan Karakter ini lebih kepada penguatan karakter pada siswa itu sendiri.

Guru yang menjadi Pusat dalam pendidikan dituntut harus mampu membangun Karakter peserta didiknya, salah satu metode untuk penguatan pendidikan Karakter adalah dengan menerapkan Metode 4C setiap kali guru mengajar di depan kelas, Apa itu 4c, 4c adalah singkatan dari Critical Thinking, Communication Skill, Creativity and Innovation,Collaboration. Guru ketika mengajar memang diharapkan mampu menerapkan metode 4c ini dalam rangka menunjang pendidikan penguatan karakter sehingga nantinya ketika peserta didik terjun di dunia luar, lapangan kerja dan sebagainya mampu bersaing dengan yang lain.
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 9:16 PM

Click to comment