Penilaian Sikap di Kurikulum 2013 edisi Revisi 2017

Pelaksanaan Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017, mempunyai dampak pada sistem penilaian peserta didik khususnya pada penilaian aspek sikap. Pada Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 ini Penilaian Sikap untuk peserta didik dilaksanakan oleh guru mata pelajaran, guru BK dan Wali kelas. Kurikulum 2013 edisi revisi memang menghilangkan KD pada KI-1 dan KI-2, penghilangan KI-1 dan KI-2 ini tidak berlaku untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan Pendidikan Agama.
Penilaian Sikap di Kurikulum 2013 edisi Revisi 2017
Penilaian Sikap di Kurikulum 2013 edisi Revisi 2017

Penilaian Sikap hanya diperuntukkan untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan Pendidikan Agama, namun Nilai Sikap pada peserta Didik ini tidak hanyak mutlak milik kedua mata pelajaran tersebut. Dalam pemberian nilai sikap untuk peserta didik selain Nilai Sikap dari Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan serta Pendidikan Agama, Nilai sikap juga mempertimbangkan dari Guru BK dan Wali Kelas serta Guru Mata Pelajaran.

Penilaian Sikap Guru PPKn dan Pendidikan Agama

Untuk Guru Mata Pelajaran sebenarnya tidak perlu membuat Nilai Sikap (selain PPKN dan Agama), Guru Mata Pelajaran bisa merekomendasikan Nilai Sikap kepada Guru BK serta Wali Kelas untuk memberikan penilaian Sikap pada peserta Didik. Dalam pemberian Nilai Sikap Guru Mata Pelajaran, seorang guru akan menilai sikap siswa jika dianggap mempunyai sikap menonjol dibandingkan dengan siswa yang lain baik itu dalam kegiatan pembelajaran dikelas maupun diluar kegiatan pembelajaran.

Bagi Guru Mata Pelajaran diperlukan lembar Observasi penilaian Sikap kepada peserta Didik, lembar penilaian Sikap atau Observasi ini nantinya akan menjadi pertimbangan guru BK dan Wali Kelas untuk menentukan Nilai Sikap pada peserta Didik.

Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan dari Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 dibawah ini :




Jika anda menginginkan Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 seperti tampilan diatas, anda bisa mengunduhnya pada link dibawah ini :
Buku Panduan Penilaian Kurikulum 2013, edisi Revisi 2017