Cara Cek PMP sudah terkirim atau belum

PMP atau yang lebih dikenal dengan Penjamin Mutu Pendidikan adalah salah satu aplikasi turunan dari Dapodik sekolah yang berfungsi untuk mengetahui seberapa jauh mutu pendidikan yang ada di sekolah. melalui Aplikasi PMP ini pemerintah Pusat dapat memantau bagaimana perkembangan sekolah berkenaan dengan mutu pendidikan di sekolah yang bersangkutan.
Cara Cek PMP sudah terkirim atau belum
Cara Cek PMP sudah terkirim atau belum

Didalam pengisian PMP di sekolah ada beberapa hal yang harus anda atau operator sekolah ketahui diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Aplikasi PMP berupa isian angket tentang bagaimana situasi atau fakta yang terjadi di sekolah tersebut.
2. Aplikasi PMP harus di isi oleh PTK dalam hal ini guru yang sudah terdaftar di aplikasi Dapodik Sekolah.
3. Pengisian Angket PMP juga diberlakukan bagi siswa, tidak semua siswa harus mengisi namun berdasarkan pengalaman forumpendidikan.com, pengisian PMP bagi siswa cukup mengisi 10 hingga 20 siswa untuk mewakili siswa seluruhnya.
4. Pengawas Sekolah juga diwajibkan untuk mengisi angket yang sudah ada di Aplikasi PMP.
5. Peran serta Komite Sekolah juga menjadi acuan penilaian Aplikasi PMP, sebagai catatan untuk pengisian Komite Sekolah harus terisi minimlah 3 Komite Sekolah yang berada di sekolah yang bersangkutan.

Dari kelimat tahapan pengisian PMP diatas dapat disimpulkan bahwa pengisian PMP di sekolah bukan tugas dari Operator Sekolah melainkan pengisian PMP adalah tanggung jawab dari Kepala Sekolah, Guru, Komite Sekolah dan juga Pengawas sekolah.

Cara Cek Data PMP Sekolah

Operator Sekolah atau pun Operator Dapodik memiliki peran penting dalam pengiriman data hasil pengisian PMP di sekolah, lalu bagaimanakah caranya untuk mengetahui apakah Data PMP sekolah sudah terkirim atau belum.

Pertanyaan diatas sering ditanyakan dalam forum operator dapodik, bagaimana caranya mengecek data PMP sekolah sudah terkirim atau belum ?

untuk mengetahui apakah Data PMP Sekolah sudah terkirim atau belum, anda bisa mengikuti tahapan-tahapan dibawah ini.
  • Pertama anda harus menuju website resmi PMP - Disini 
 
  • Kedua, cari tab "Progres Kirim Data"
 
  • Ketiga, Cari Wilayah Anda berdasarkan Propinsi yang sudah terdaftar.


  • Keempat, Pilih Kabupaten tempat sekolah anda berada.

  • Kelima, Pilih Kecamatan tempat Sekolah anda

  • Terakhir, Cari nama sekolah anda, apakah data pengisian PMP sudah terkirim atau belum.

Sebagai catatan

Bagi sekolah yang sudah terkirim Data PMPnya maka akan muncul keterangan Sudah Terkirim dengan warna hijau, sedangkan bagi sekolah yang belum mengirim data PMP akan muncul keterangan Belum Kirim berwarna merah.

Demikian tadi, cara mengetahui apakah data PMP sekolah anda sudah terkirim di pusat atau belum, semoga dengan postingan kali ini anda bisa mengetahui Data PMP anda sidah terkirim atau belum. Terima Kasih Semoga bermanfaat.
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 8:50 AM

Click to comment