Berapa Nilai Test Agar Lolos CPNS 2018

Forumpendidikan.com kali ini kami akan menjelaskan bagaimana skema atau nilai untuk bisa lolos dalam tes CPNS 2018 ? sebagai informasi tambahan pelaksanaan Tes CPNS 2018 akan dilakukan secara online dengan sistem CAT yang sudah dipersiapkan oleh BKN. Masing-masing peserta akan mengerjakan soal yang muncul dari CAT.

Ada beberapa bagian soal yang harus dikerjakan oleh peserta tes CPNS 2018, Tes CAT tersebut terbagi menjadi tiga kelompok yaitu TWK, TIU dan TKP. Bagaimanakah penjelasan dari masing-masing ketiga kategori tersebut ? berikut penjelasannya.
Berapa Nilai Test Agar Lolos CPNS 2018
Berapa Nilai Test Agar Lolos CPNS 2018

Tes TWK

Kategori tes yang pertama adalah TWK, TWK merupakan singkatan dari Tes Wawasan Kebangsaan, Pada Tes Wawasan Kebangsaan ini peserta Tes CPNS 2018 akan diuji kemampuannya dalam pengetahuan bangsa dan negara, bisa jadi berkenaan dengan pasal-pasal, serta aturan-aturan hukum yang berlaku di Indonesia.

Test TIU

Kategori yang kedua adalah TIU, TIU merupakan singkatan dari Tes Intelegensi Umum. Pada TIU ini peserta akan di uji kemampuan berpikir logika yang cepat, biasanya tes TIU ini berisikan pertanyaan seperti tes lawan kata, tes logika, deret angka dan lain sebagainya.

Tes TWK

Terakhir adalah TWK, TWK adalah singkatan dari Tes Karakteristik Kepribadian, dalam Tes TWK ini peserta akan menjawab soal yang diberikan berdasarkan permasalahan yang akan diujikan kepada peserta tes CPNS 2018. Dalam hal ini Tes Karakteristik Kepribadian cenderung menganalisa persoalan yang diujikan dalam tes CAT nantinya.

Berapa Passing Grade Tes CPNS 2018

Beberapa pertanyaan sering dilontarkan tentang berapa nilai yang harus diperoleh dalam pelaksanaan Test CPNS 2018. Sebelum forumpendidikan.com memberikan informasi tentang berapa passing grade untuk lolos tes CPNS 2018, kami akan menginformasikan bahwa Tes CPNS 2018 kali ini terbagi menjadi beberapa kategori, diantaranya adalah
  1. Jalur Umum
  2. Cumlaude Diaspora
  3. Penyandang Disabilitas
  4. Putra-putri Papua dan Papua Barat
  5. Tenaga Guru dan Tenaga Medis / Paramedis dari Eks Honorer Kategori II
  6. Olahragawan Berprestasi
  7. Dokter Spesialis dan Instruktur Penerbang
  8. Petugas Ukur, Rescue, Anak Buah Kapal, Pengamat Gunung Api, Penjaga Mercu Suar, Pelatih/Pawang Hewan, dan Penjaga Tahanan.
 Dari kedelapan kategori Tes CPNS 2018 diatas, masing-masing mempunyai Passing Grade kelulusan CPNS 2018 yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat pada gambar dibawah ini
Passing Grade Test CPNS 2018
Passing Grade Test CPNS 2018
Nilai yang harus diperoleh agar bisa lolos test CPNS 2018 ini berdasarkan pada Permen PANRB No. 37 Tahun 2018 tentang Nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Tes CPNS 2018. Setelah anda mengetahui berapa nilai yang harus diperoleh agar anda bisa lolos tes CPNS seperi pada gambar diatas semoga anda bisa melampaui Batas Minimal yang telah ditentukan oleh pemerintah. Semoga Bermanfaat



Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 9:37 AM

Click to comment