Perubahan NISN di Verval PD

Aplikasi Dapodik sekolah merupakan Aplikasi yang menyajikan seluruh data yang dimiliki oleh sekolah dari mulai Sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah hingga biodata siswa yang berada di sekolah tersebut. Berkaitan dengan pelaksanaan Ujian Nasional tentu saja operator sekolah akan melakukan upload Biodata Calon peserta Ujian Nasional.

Forumpendidikan.com kali ini akan memberikan solusi tentang bagaimana cara mengajukan perubahan NISN yang dimiliki siswa. Pengajuan NISN ini bisa saja terjadi jika ada siswa di sekolah anda mengalami perbedaan NISN antara Ijazah SMP dengan NISN yang ada pada Dapodik di sekolah anda.
Perubahan NISN di Verval PD
Perubahan NISN di Verval PD

Pengajuan NISN siswa di Verval PD

Pengajuan NISN terjadi bila terjadi ketidak sinkronan NISN di Ijazah SMP dengan yang terisi di aplikasi Dapodik. Untuk Perubahan NISN memang tidak bisa dilakukan Editing langsung melalui Aplikasi Dapodik. Pengajuan perubahan NISN siswa hanya bisa dilakukan melalui Verval PD.

untuk lebih jelasnya tentang alur bagaimana mengajukan perubahan NISN di dapodik anda bisa membaca postingan dari www.harrywidhiarto.com tentang tata cara pengajuan perubahan NISN siswa yang bermasalah.
Pengajuan Perubahan NISN
Proses pengajuan perubahan NISN bisa dilakukan oleh pihak sekolah dengan melampirkan bukti scan ijazah SMP Asli yang nantinya akan di upload di Verval PD. Untuk lama proses pengajuan perubahan NISN tergantung dari banyaknya akun sekolah yang mengajukan perubahan NISN untuk siswa yang bermasalah.

Perubahan NISN tak kunjung di Approve

Mendekati pelaksanaan Ujian Nasional traffic dari Verval PD tentu saja membludak, hal ini dikarenakan banyaknya sekolah yang mengajukan perubahan NISN untuk siswanya. Sebagai informasi untuk proses persetujuan perubahan NISN hanya dimiliki oleh operator tingkat pusat saja.

Untuk mengatasi lamanya proses pengajuan perubahan NISN sehingga proses Approved lebih cepat Forumpendidikan.com akan memberikan tips agar proses pengajuan perubahan NISN siswa anda bisa langsung disetujui sehingga tidak memakan banyak waktu. Caranya adalah sebagai berikut :
1. Ajukan proses pengajuan NISN yang bermasalah di Verval PD.
2. Upload scan ijazah Asli SMP sebagai bukti bahwa NISN siswa anda bermasalah.
3. Hubungi Operator tingkat pusat, dengan cara mengirimkan email disertai nomor NPSN sekolah anda.

Anda bisa mengirimkan proses pengajuan perubahan NISN siswa anda melalui email PDSP pusat, dengan alamat email sebagai berikut : pdsp@kemdikbud.go.id
Jangan lupa untuk menyertakan NPSN dan juga status data pengajuan yang telah anda lakukan di verval PD.

Semoga dengan cara diatas dapat membantu anda agar lebih cepat diapprove pengajuan perubahan NISN, mengingat waktu pendataan peserta UN sudah semakin dekat.

Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 7:21 AM

Click to comment