Simulasi 1 UNBK 2019

Puspendik sebagai penyelenggara kegiatan UNBK tahun 2019 telah mengadakan kegiatan Simulasi 1 untuk SMA/SMK dan SMP, pelaksanaan Simulasi 1 sendiri dilaksanakan mulai tanggal 11 sampai dengan 14 Desember 2019. Kegiatan Simulasi UNBK sendiri memang tidak diwajibkan oleh Puspendik.

Pelaksanaan Simulasi 1 sepertinya hanya untuk mengecek kesiapan server puspendik sebelum melaksanakan UNBK yang sesungguhnya. Seperti biasanya pada pelaksanaan Simulasi masih saja banyak Bug yang ditemukan oleh para proktor dan teknisi UNBK.
Bug Simulasi 1 UNBK 2019 ?
Bug Simulasi 1 UNBK 2019 ?

Forumpendidikan.com kali ini akan mengulas tentang beberapa masalah dalam pelaksanaan Simulasi 1 UNBK. Permasalahan yang dihadapi bagi proktor dan teknisi pada simulasi 1 UNBK adalah sebagai berikut :

Soal Test Tidak Ditemukan Hubungi Proktor

-Masalah ini terjadi pada pelaksanaan SIMULASI 1 UNBK di hari pertama simulasi, banyak proktor yang masih belum familiar dengan menu baru yang ada pada CBTSync. Alhasil banyak proktor yang masih kebingungan dengan fitur baru tersebut.
-Kode TOKEN UNBK sudah keluar namun siswa tidak menemukan soal Test saat siswa sudah Login di UNBKnya.
Solusi :
-Solusi bila soal test tidak ditemukan adalah cek Kelompok Test pada tampilan CBT Sync di server anda, pastikan Daftar Siswa yang ada pada kelompok Test sudah tercentang semua.

Pergantian Sesi tidak bisa dilakukan.

- Pada pergantian Sesi Simulasi UNBK tidak bisa dilakukan, hal ini disebabkan karena kelompok Test pada sesi sebelumnya masih dalam keadaan aktif, atau tercentang semua.
Solusinya adalah masuk ke kelompok Test, kemudian hilangkan semua tanda centang pada daftar siswa yang ada, lalu Save.
- Kemudian, ubah kembali status test, ke Sesi selanjutnya.

Simulasi hari ke-4 tidak ada mapel pilihan jurusan.

Bagi proktor yang menangani tingkat SMA, pada pelaksanaan Simulasi di hari ke-4, yaitu mapel pilihan jurusan, tidak tersedia Daftar Test Simulasi 19_4, hal ini dikarenakan pemilihan Mapel Pilihan Jurusan belum dilakukan.

Pada simulasi 1 hari ke 4, banyak siswa yang gagal melakukan simulasi 19_4 dikarenakan tidak terdapatnya Daftar Test pada simulasi hari ke-4.

Solusinya adalah lakukan penentuan mapel Pilihan pada web UNBK 2019, namun sampai postingan ini kami buat, fitur untuk mengatur mapel pilihan jurusan untuk tingkat SMA masih belum aktif.
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 5:55 AM

Click to comment