Pengumuman Ujian Nasional Tahun 2017

Ujian Nasional Tahun 2017 untuk tingkat SMA sederajat telah usai, Pelaksanaan Ujian Nasional kali ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). Pada awal mulanya pemerintah berusaha menyeragamkan tentang pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2017dengan UNBK, namun fakta dilapangan banyak sekolah-sekolah penyelenggara Ujian Nasional belum siap dalam hal sarana dan prasarananya, sehingga muncul opsi pelaksanaan Ujian Nasional 2017 ini dengan dua pilihan alternatif yaitu UNBK dan UNKP.
Pengumuman Ujian Nasional Tahun 2017
Pengumuman Ujian Nasional Tahun 2017

Prosedur pelaksanaan Ujian Nasional 2017 ini pun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2017 ini siswa tingkat SMA hanya mengerjakan 4 Soal Ujian Nasional. Keempat soal tersebut terbagi menjadi dua yakni 3 Mapel Wajib dan 1 Mapel Pilihan Jurusan. Selain itu Ujian Nasional kali ini tidak mengharuskan siswa untuk mencapai standar minimal Nilai Ujian Nasional.

Dalam POS Ujian Nasional 2017 disebutkan bahwa pengumuman hasil Ujian Nasional 2017 akan diumumkan serempak pada tanggal 2 Mei 2017. Adapun himbauan dari pemerintah agar siswa tidak melakukan konvoi di jalan raya, untuk mengantisipasi konvoi di jalan raya, pemerintah melalui kepala sekolah sepakat untuk mengumumkan hasil Ujian Nasional pada sore hari.

Pengumuman Hasil Ujian Nasional Tahun 2017 pada sore hari diharapkan dapat mencegah konvoi di jalan raya, namun tidak dapat dipungkiri tradisi konvoi kelulusan tidak bisa dihindari dan sudah menjadi budaya buruk bagi dunia pendidikan di Indonesia.
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 6:36 AM

Click to comment