Data Sekolah di SIM PKB salah, ini yang harus anda lakukan

SIM PKB sebagian orang menyebutnya seperti itu, tapi tahukah anda apa sih kepanjangan dari SIM PKB, SIM PKB mempunyai kepanjangan Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian (dan) Berkelanjutan, Tujuan utama dari pelaksanaan SIM PKB sendiri adalah untuk mengembangkan kemampuan guru agar lebih profesional.

Guru PNS dan Non PNS memang diwajibkan untuk segera terdaftar pada Aplikasi SIM PKB tersebut dan tentu saja Guru yang bersangkutan harus sudah Verval pada SIM PKB. Pada nantinya SIM PKB akan menjadi tolok ukur dalam proses pencairan Sertifikasi guru, selain itu SIM PKB akan memuat semua data pribadi yang dimiliki oleh GTK seperti Diklat yang pernah diikuti dan pelatihan-pelatihan yang telah dilaksanakan oleh GTK itu sendiri.
Data Sekolah Masih Salah di SIM PKB
Data Sekolah Masih Salah di SIM PKB

Peluncuran Aplikasi SIM PKB sendiri bukan tanpa masalah, beberapa Guru yang kami temui mengaku sangat kesulitan menemukan nama pada Aplikasi SIM PKB, bahkan ada beberapa Guru yang masih salah dengan data sekolah induknya. Tidak hanya itu saja, ada guru yang masih bermasalah karena tidak bisa login pada SIM PKB, begitu juga dengan Ketua Komunitas pada Mata Pelajaran, bahkan sering ditemui ketua Komunitas tidak tahu atau tidak bisa memasukkan Anggota lain kedalam Komunitasnya.


Data Sekolah Masih Salah di SIM PKB

Kevalidan data Pribadi pada aplikasi SIM PKB ini sangat penting, karena pentingnya SIM PKB ini sempat membuat pusing guru yang masih mempunyai data salah pada aplikasi SIM PKB. Permasalahan yang sering terjadi adalah mengenai tempat kerja guru yang berbeda dengan data yang disajikan pada SIM PKB. Jika anda mengalami hal yang demikian, maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan, sebagai berikut :


  1. Cari nama anda pada Aplikasi SIM PKB dengan menggunakan nomor Peserta UKG 2015.
  2. Jika tidak ditemukan, maka yang harus anda lakukan selanjutnya adalah menghubungi ketua komunitas Mata pelajaran anda, tanyakan apakah anda sudah terdaftar pada angota komunitas.
  3. Bila langkah kedua masih menemui jalan buntu, tanyakan kepada Operator Sekolah anda, apakah anda sudah masuk kedalam database Aplikasi Dapodik di sekolah anda.
  4. Jika anda sudah menemukan data pribadi anda di SIM PKB, namun masih menemui data sekolah yang tidak sesuai dengan kondisi sekarang, langkah selanjutnya adalah menghubungi Operator tingkat Kabupaten anda, beberapa kasus yang terjadi saat ini adalah Operator Kabupaten sudah tidak memiliki kewenangan untuk mengakses SIM PKB, jika demikian maka yang anda lakukan selanjutnya adalah mengubungi Opertor tingkat Provinsi, biasanya anda akan diminta untuk menunjukkan bukti Fisik berupa SK pengangkatan PNS anda, serta SK terakhir anda pada sekolah yang bersangkutan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, mengenai kesalahan Data Sekolah pada SIM PKB. Semoga bisa bermanfaat.
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 8:47 AM

Click to comment