Kompetensi Inti 3 dan Kompetensi Inti 4 Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013

Forumpendidikan.com, pada postingan kali ini kami akan membagikan secara gratis tentang Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) dan Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA.

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan /atau ekstrakurikuler.
Kompetensi Inti 3 dan Kompetensi Inti 4 Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013
Kompetensi Inti 3 dan Kompetensi Inti 4 Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Rumusan kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan dirumukan sebagai berikut.

Kelas X



KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.           Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.           Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Untuk lebih lanjutnya, silahkan simak tampilan KI 3 (Pengetahuan) dan KI 4 (Keterampilan) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Kurikulum 2013 dibawah ini :




Jika anda menginginkan file tentang KI 3 dan KI 4 untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada pelaksanaan Kurikulum 2013, anda bisa mendapatkannya pada link dibawah ini :
KI 3 dan KI 4 Bahasa Indonesia SMA, Kurikulum 2013 berdasarkan Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016.