Apa saja yang harus dibawa saat PLPG ?

Proses tahapan untuk mendapatkan Sertifikasi Guru 2017 melalui pola PLPG sudah mencapai tahap akhir, seperti yang kami informasikan sebelumnya, dalam PLPG 2017 ini para peserta harus melalui serangkaian kegiatan Prakondisi.
Apa saja yang harus dibawa saat PLPG ?
Apa saja yang harus dibawa saat PLPG ?

Tahapan Prakondisi ini dilaksanakan secara mandiri dan online, para peserta PLPG 2017 harus mempelajari materi sumber belajar, baik materi Pedagogik maupun materi Mata Pelajaran Profesionalisme nya. Untuk Tahapan Prakondisi sudah mencapai tahap akhir. Tahapan Akhir dalam kegiatan Prakondisi ini diakhiri dengan pembuatan Laporan Akhir PLPG 2017.

Pelaksanaan PLPG 2017 sendiri terbagi menjadi beberapa gelombang tergantung dari banyaknya jumlah peserta dalam setia kelasnya berdasarkan Mata Pelajaran yang diampu oleh masing-masing Guru. Sedangkan untuk lamanya proses PLPG 2017 untuk tatap muka adalah kurang lebih 11 hari.

Pada postingan kali ini Forumpendidikan.com akan memberikan tips peralatan apa saja yang harus dibawa untuk melaksanakan kegitan PLPG yang berlangsung selama 11 hari.

Format A1

Format A1 adalah hal yang sangat penting, sebagai informasi Peserta PLPG 2017 diwajibkan untuk membawa format A1 lengkap yang ditanda tangani oleh pihak LPTK masing-masing daerah. Format A1 ini sebagai bukti bahwa anda telah terdaftar secara resmi sebagai peserta PLPG 2017.

RPP dan Perangkat Pembelajaran

Hal kedua yang harus dibawa saat pelaksanaan PLPG 2017 adalah RPP dan Perangkat Pembelajaran. Dengan membawa RPP dan Perangkat Pembelajaran anda bisa mempersiapkan sejak dini sebelum pelaksanaan Kegiatan PLPG, RPP dan Perangkat Pembelajaran untuk pelaksanaan PLPG mempunyai tujuan sebagai bahan referensi anda ketika ada pelaksanaan kegiatan peer teaching di kelas PLPG anda.

Ada baiknya RPP dan Perangkat Pembelajaran yang anda bawa dalam bentuk Hardcopy maupun Softcopy, lebih diutamakan adalah softcopy, dengan mempunyai file RPP dan Perangkat Pembelajaran anda akan lebih cepat dan mudah untuk memodifikasi kembali pada RPP dan Perangkat Pembelajaran yang sudah anda miliki.

Media Pembelajaran

Dalam kegiatan PLPG 2017 yang akan anda laksanakan tentu saja akan ada season peer teching, untuk memudahkan anda menghadapi kegiatan peer teaching sebaiknya anda mempersiapkan Media Pembelajaran mata pelajaran anda, dengan  memiliki media pembelajaran ini anda akan dapat dengan mudah untuk memodifikasinya kembali dan pastinya akan menghemat waktu anda dalam membuat media pembelajara.

Printer

Seringkali dilupakan benda yang satu ini, membawa printer pada saat PLPG memang seringkali dianggap sepele, namun tidak salah jika anda menambahkan printer pada daftar bawaan anda saat PLPG. Printer ini nantinya akan sangat berguna dalam kegiatan PLPG anda. Selain untuk membuat tugas yang sifatnya Hardcopy dengan membawa printer anda akan lebih cepat mengerjakan tugas yang diberikan mentor anda di PLPG.

Modem

Membawa modem berguna untuk mencari informasi yang nantinya akan berkaitan dengan tugas yang diberikan oleh mentor anda. Dalam memilih Modem sebaiknya anda mencarai informasi sinyal apa yang paling kuat di tempat pelaksanaan PLPG anda. Jangan sampai anda membawa Modem dengan koneksi internet yang lambat, hal yang demikian tentu saja akan menghambat anda dalam mencari tugas dari internet.
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 8:21 AM

Click to comment