Permasalahan Entri Nilai di Dapodik 2018b

Aplikasi Dapodik untuk semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 memang sudah dirilis secara resmi melalu website resminya di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Ada yang berbeda pada tampilan dari Aplikasi Dapodik 2018b, tidak hanya tampilannya saja yang berubah fitur-fitur yang ada pada Dapodik 2018b ini juga mengalami perubahan dan perbaikan.
Permasalahan Entri Nilai di Dapodik 2018b
Permasalahan Entri Nilai di Dapodik 2018b

Salah satu perubahan yang sangat signifikan pada aplikasi dapodik 2018b adalah munculnya kembali fitur entri Nilai sekolah pada Aplikasi tersebut. Munculnya fitur entri Nilai tentu saja memunculkan beberapa masalah yang ada di sekolah.

Permasalahan ini nampaknya akan dialami bagi sekolah yang tidak mempunyai guru PNS yang mengajar pada Mata Pelajaran tertentu. Permasalahan Entri Nilai ini muncul ketika operator sekolah tidak bisa menambahkan PTK baru yang masih berstatus GTT Mata Pelajaran. Dengan tidak bisa menambahkan GTT Mapel baru maka secara otomatis pada kegiatan pembelajaran pada kelas tertentu tidak akan muncul fitur Entri Nilai yang ada pada Dapodik 2018b.

PTK Mengajar Mata Pelajaran Ganda.

Untuk mengatasi Entri Nilai pada Dapodik 2018b yang tidak ada Guru Mata Pelajaran banyak Operator Sekolah yang mengatasinya dengan cara menambahkan Mata Pelajaran (Yang tidak Ada gurunya) untuk diajar oleh Guru Mata Pelajaran lain yang sudah terdaftar pada aplikasi Dapodik 2018b.

Hal ini tentu saja sangat riskan apabila guru yang ditambahkan Mata Pelajaran Tersebut sudah bersertifikasi. Penambahan Mata Pelajaran yang tidak ada gurunya untuk menampilkan fitur Entri Nilai memang menjadi masalah tersendiri bagi operator sekolah.

Dimatikannya Penambahan PTK Baru untuk Guru yang masih berstatus GTT memang sedikit banyak akan mempersulit operator sekolah untuk menginput nilai mata pelajaran yang ada pada dapodik. Selain itu jika anda sebagai operator sekolah menambahkan Mata Pelajaran kepada PTK yang sudah mengajar Mata Pelajaran Aslinya maka konsekuensinya adalah anda akan merubah Jadwal Pelajaran pada Aplikasi Dapodik.
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 7:40 AM

Click to comment