Tidak bisa Sinkron UNBK

Ujian Nasional Berbasis Komputer nampak sedang menjadi trending topik akhir-akhir ini, pada jenjang SMA/SMK pemerintah sudah mewajibkan untuk sekolah-sekolah mengadakan Ujian Nasional dengan menggunakan Komputer atau UNBK, sedangkan untuk jenjang SMP pemerintah menyerahkan kepada sekolah masing-masing untuk memilih mengadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau masih menggunakan UNKP Ujian Nasional Kertas dan Pensil.

Beberapa sekolah yang masih baru tahun ini dalam mengadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer dituntut untuk melengkapi Sarana dan Prasarananya untuk menunjang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer.
Tidak bisa Sinkron UNBK
Tidak bisa Sinkron UNBK

Bagi sekolah yang baru pertama kali melaksanakan UNBK tentu saja memerlukan banyak biaya untuk melengkapi Komputer yang nantinya akan digunakan untuk pelaksanaan UNBK, tidak hanya sarana dan prasarana yang menjadi perhatian sekolah untuk mempersiapkan UNBK. Sekolah harus menunjuk proktor dan teknisi untuk merancang jaringan komputer sehingga pada pelaksanaan UNBK nanti tidak ada kendala yang berarti.

Beberapa permasalahan yang sering dihadapi para proktor dan teknisi baru kami rangkum pada paragrap kali ini, namun jangan khawatir forumpendidikan.com juga akan memberikan solusi bagaimana cara penyelesaiannya. Berikut permasalahan yang sering dihadapi proktor dan teknisi UNBK.

Apakah Server Cadangan UNBK Wajib Sinkron ?

Untuk menunjang kegiatan UNBK pemerintah menyarankan pada tiap sekolah untuk memiliki PC Server yang mumpuni, selain itu juga sekolah pelaksana UNBK harus mempunyai server cadangan sebagai back-up jika terjadi masalah pada server utama.

Berdasarkan pernyataan diatas, apakah Server Cadangan UNBK Wajib Sinkron ? maka jawabannya adalah iya. Sinkron pada Server Cadangan UNBK ini mempunyai tujuan agar server Utama sudah mempunyai cadangan jika terjadi sesuatu masalah eror pada server Utama UNBK.

VHD bermasalah

Instalasi UNBK memang gampang-gampang susah, bagi prokto dan teknisi yang sudah pernah menangani UNBK pada tahun lalu tentu saja bukan masalah, namun bagi proktor dan teknisi baru tentu pasti akan menghadapi kendala dalam proses instalasi dan bahkan sinkronisasi UNBK.

Salah satu masalah yang sering muncul adalah VHD bermasalah, VHD adalah Virtual Hard Drive yang digunakan untuk menyimpan data-data yang nantinya akan kita sinkron dalam setiap pelaksanaan UNBK ataupun pada saat simulasi UNBK 1, Simulasi UNBK 2 dan Gladi bersih UNBK.

Sebagai informasi penggunaan VHD dalam setiap pelaksanaan Simulasi UNBK harus menggunakan VHD yang masih fresh atau dengan kata lain VHD yang sudah digunakan (Sinkron) pada Simulasi 1 UNBK tidak boleh digunakan kembali pada pelaksanaan Simulasi 2 UNBK begitu juga pada pelaksanaan Gladi Bersih UNBK hendaknya menggunakan VHD yang masih fresh.

Proses Shutdown VHD tidak Normal

Beberapa proktor tentu saja pernah mengalami hal ini, yaitu pada saat menjalankan mesin Virtual (VM) muncul keterangan bahwa VHD ini telah mengalami shutdown tidak normal, silahkan mengganti VHD. Jika anda menemukan keterangan seperti yang kami sebutkan diatas maka jangan khawatir, VHD masih tetap bisa digunakan dengan catatan proses sinkronisasi data tidak mengalami kendala. Jadi anda bisa mengabaikan keterangan bahwa shutdown tidak normal.

Munculnya keterangan VHD telah mengalami shutdown tidak normal ini disebabkan karena anda mematikan mesin virtual (VM) dengan paksa alias anda mengeklik close (X), solusinya adalah jangan mematikan VM dengan paksa, untuk mematikan VM pada UNBK anda hanya cukup klik "Stop VM" pada Exambrowser Admin.

Anda tidak memiliki Akses Sinkronisasi

Masalah berikutnya yang sering terjadi adalah pada saat proses sinkronisasi telah berhasil dan ternyata HDD pada server utama anda bermasalah sehingga anda memutuskan untuk instal ulang dengan menggunkan HDD baru.

Masalah akan timbul ketika anda akan melakukan sinkronisasi kembali dengan HDD baru, maka anda akan menemukan keterangan "Anda tidak memiliki akses Sinkronisasi" pesan ini muncul dikarenakan anda sudah pernah melakukan sinkronisasi pada server utama. Sehingga puspendik akan melakukan penguncian pada id server anda atau dengan kata lain id server anda sudah ter-locked oleh Puspendik.

Untuk mengatasi masalah yang muncul "Anda tidak memiliki Akses Sinkronisasi" sebaiknya anda menghubungi HelpDesk Provinsi untuk mengajukan proses Unlocked, atau anda bisa menggunakan bantuan Ticket dan menceritakan masalah yang anda hadapi, untuk permasalahan dengan menggunakan ticket bantuan melalui web resmi UNBK.

Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 8:26 AM

Click to comment