Daftar Hadir Guru Masih dalam Verifikasi

Forumpendidikan.com, terbitnya SKTP merupakan hal yang ditunggu-tunggu bagu guru yang sudah bersetifikasi, Informasi untuk mengecek apakah SKTP untuk Tunjangan Sertifikasi Guru sudah keluar atau belum bisa anda check pada akun SIMPKB anda, atau anda juga melihatnya pada InfoGTK.

Data Belum Valid di Info GTK

Proses pencairan Sertifikasi Guru saat ini terpusat pada data yang telah diinputkan di Aplikasi Dapodik. Semua informasi yang ditampilkan pada Info GTK adalah Data yang telah dimasukkan kedalam Dapodik, dengan kata lain, jika terjadi data belum Valid di Info GTK maka hal yang harus anda lakukan adalah cek kembali Data anda pada Aplikasi Dapodik.
Daftar Hadir Guru Masih dalam Verifikasi
Daftar Hadir Guru Masih dalam Verifikasi

Bagaimana Cara Cek Data GTK di Dapodik

Operator Sekolah sekarang ini menjadi kambing hitam atas data belum Valid di Info GTK, nah untuk mengantisipasi agar tidak terjadi salah komunikasi antar Operator Sekolah dengan PTK penerima Sertifikasi, hendaknya anda mengecek sendiri data yang telah diinput oleh Operator Sekolah.

Untuk mengecek Jumlah JJM pada Aplikasi Dapodik sebenarnya sangatlah mudah, anda tinggal melihat di Aplikasi Dapodik, cek di PTK yang bersangkutan, kemudian lihat Profil PTK tersebut. Maka setelah anda meng-klik profil PTK semua informasi yang berkenaan dengan Data PTK tersebut akan muncul.

Berikan print out profil PTK kepada PTK yang bersangkutan, sebagai bukti bahwa Data di Dapodik sudah benar. Namun, tidak banyak juga PTK yang mengetahuinya bahwa sampai saat ini info GTK masih melakukan proses verifikasi Data dari Aplikasi Dapodik.

Tugas Tambahan Tidak terbaca di Info GTK

Data belum Valid di info GTK seakan menjadi momok bagi guru yang sudah sertifikasi, banyak PTK yang tidak mengerti alur Info GTK sehingga bisa dikatakan Valid. Operator demikian juga, menjadi tempat terlimpahkan kesalahan karena data di Info GTK belum Valid, padahal Operator sudah merasa benar untuk input datanya di Aplikasi Dapodik.

NIK di BKN tidak ditemukan di info GTK, banyak juga permasalahan bahwa NIK tidak ditemukan di BKN, hal itu sangatlah wajar dikarenakan sampai saat ini server Info GTK masih berupaya untuk memverifikasi data yang berasal dari Dapodik.

Guru BK dan TIK Belum Valid

Beberapa Guru BK atau guru BP mengeluhkan data yang belum Valid pada info GTK, tidak hanya Guru BP, Guru TIK pun mengalami hal yang sama, Guru TIK belum Valid dan Guru BP dikarenakan (sekali lagi) untuk info GTK masih mengalami penarikan Data dari Dapodik.

Daftar Hadir Guru Masih Proses Verifikasi

Info yang satu ini memang bukanlah informasi yang semua orang mengetahuinya, bahwa untuk memperoleh tunjangan Sertifikasi Guru tidak hanya terbentur aturan harus mengajar minimal 24 Jam per Minggu, namun untuk memperoleh tunjangan sertifikasi Guru, jumlah kehadiran juga menjadi pertimbangan apakah sertifikasi bisa cair atau tidak.

Operator sekolah sebagai administrasi dari Presensi Online DHGTK ini menjadi faktor penting untuk mengisikan daftar kehadiran PTK yang bersangkutan.

Catatan Penting :

Untuk mengetahui apakah data anda di Dapodik sudah benar atau belum, mintalah Operator Dapodik Sekolah anda untuk mencetak Profil PTK yang ada pada Aplikasi Dapodik, Teliti kembali apakah data anda sudah benar atau masih ada kesalahan. Jika sudah benar maka anda tinggal bersabar menunggun info GTK anda Valid.