Data Siswa Salah di Bio UN

Pendataan Calon peserta UNBK saat ini masih berlangsung, para operator sekolah disibukkan dengan ke validan data siswa sebagai calon Peserta UNBK tahun 2019. Proses pendataan Calon Peserta UNBK dilakukan secara online melalui website Bio UN.

Data master yang diambil untuk pendataan Bio Un didapatkan dari PDUN, sedangkan data induk yang dipakai untuk PDUN berasal dari data periodik yang diisikan melalui Aplikasi Dapodik Sekolah. Lalu bagaimanakah jika terjadi kesalahan data siswa ?
Data Siswa Salah di Bio UN
Data Siswa Salah di Bio UN

Data Siswa Salah di PDUN

Untuk mengatasi data siswa yang masih terdapat kesalahan pada PDUN, Operator sekolah harus memperbaikinya melalui Aplikasi Dapodik, namun ada beberapa kesalahan data siswa yang masih salah tidak bisa diperbaiki langsung melalui Dapodik Sekolah.

Kesalahan Tempat Lahir, Tahun Lahir dan Nama Ibu Siswa

Beberapa kesalahan Data siswa yang tidak bisa diperbaiki langsung melalui Dapodik Sekolah diantaranya adalah :
  1. Kesalahan Tempat Lahir siswa.
  2. Tahun Lahir Siswa.
  3. Nama Ibu Siswa Salah.
  4. NISN Siswa Salah.

Dari keempat kesalahan Data siswa diatas, hanya bisa diperbaiki melalui Verval PD. Sediakan dokumen resmi yang sudah di scan untuk mempercepat proses perbaikan data siswa di Dapodik. Setelah proses pengajuan kesalahan data siswa sudah disetujui oleh admin pusat, maka yang harus dilakukan adalah melakukan sinkronisasi Dapodik sekolah anda.

Upload File .dz

Setelah semua data calon peserta UNBK sudah dipastikan benar, maka hal yang harus dilakukan oleh operator sekolah adalah melakukan upload file .dz pada akun BIO UN. Namun, banyak yang mempertanyakan bagaimana bila sudah terlanjur melakukan upload file .dz masih saja terdapat kesalahan pada data siswa calon peserta Ujian Nasional ?

Kesalah setelah upload file .dz di Bio UN bisa saja terjadi karena kekurang telitian dalam memperbaiki data siswa sehingga masih terdapat data siswa yang salah. Untuk mengatasi hal ini maka yang perlu dilakukan oleh operator sekolah adalah melakukan Upload File .dz kembali pada akun BIO UN.

Melakukan Upload file .dz kembali tidak akan terdapat data ganda dari siswa, walaupun anda sudah pernah melakukan proses upload file .dz beberapa kali, hal ini dikarenakan sistem BIO UN akan mengambil data yang terakhir pada saat anda melakukan proses upload file .dz di Bio UN.
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 2:12 AM

Click to comment