Lupa Username dan Password BIOUN

forumpendidikan.com, memasuki tahapan pelaksanaan Ujian Nasional di tahun pelajaran 2018/2019 tentu saja ada kegiatan yang wajib dilakukan pihak sekolah guna mematangkan Ujian Nasional Tahun 2019. Berdasarkan pengalaman di tahun sebelumnya, setiap akhir semester tahun ajaran pihak sekolah akan melakukan pendataan bagi calon peserta UN.

Pendataan Peserta UN di tahun 2019 ini hampir sama dengan pelaksanaan Ujian Nasional di tahun sebelumnya. Pihak sekolah akan mengupload biodata siswa calon peserta Ujian Nasional di Website resmi BIO UN. Bagi Operator sekolah ataupun Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum tentu saja tidak asing dengan Bio UN.
Lupa Username dan Password BIOUN
Lupa Username dan Password BIOUN

BIO UN SMA dan SMK

Ujian Nasional 2019 ini mengalami sedikit perubahan dalam hal login BIO UN, hal ini dikarenakan untuk username dan password di BIO UN mengalami perubahan di tiap tahunnya. Sedangkan untuk akses atau masuk ke Bio UN bagi masing-masing tingkat SMA dan SMK dapat diakses pada website berikut ini :
Pada saat postingan ini kami buat akses untuk masuk ke bio un sudah bisa untuk mengupload data di bio un pada masing-masing jenjang, baik SMA maupun SMK. Adapun bagi yang pertama kali mengakses website BIO UN dapat mengikuti panduan berikut ini.

Username dan Password BIO UN SMA/SMK

Ada perubahan untuk masuk ke bio un, salah satunya adalah perubahan username dan password dari masing-masing jenjang SMA dan SMK. Perubahan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Username Bio UN SMA : menggunakan kode UJTG03XXYYYY. 
  • Username Bio UN SMK : menggunakan Kode KJTG03XXYYYY.
Keterangan : XX adalah Kode Rayon, YYYY adalah kode sekolah atau kode satuan pendidikan.
Password : untuk default Password BIO UN menggunakan NPSN Sekolah Masing-Masing.

Kode Satuan Pendidikan jika pada tahun sebelumnya hanya 3 Digit, untuk Ujian Nasional Tahun 2019 ini diubah menjadi 4 digit. Sebagai contoh : Jika sekolah anda pada Ujian Nasional sebelumnya mempunyai kode Sekolah 001 maka untuk tahun 2019 ini berubah menjadi 0001.

Setelah berhasil login di BIO UN maka hal yang harus anda lakukan adalah merubah Password Default dengan membuat password baru, sehingga nantinya akun anda di BIO UN tidak disalah gunakan oleh pihak lain.

8 komentar: Lupa Username dan Password BIOUN

  1. apakah itu benar? tapi saya coba tidak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Password defaultnya NPSN Sekolah

      Delete
    2. lupa password BIO UN SD gmna cara nya

      Delete
    3. secara default dan bila belum pernah ganti password adalah NPSN, namun jika sudah diganti dan lupa, maka langkah terakhir adalah menghubungi dinas Kabupatan untuk jenjang SD dan minta untuk mereset password di BIO UN Jenjang SD.

      Delete
  2. lupa password bioun smp, bagaimana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. koordinasikan dengan Operator Dinas Kabupaten setempat

      Delete
  3. Replies
    1. password defaultnya NPSN, kecuali jika akun BIO UN anda sudah dirubah passwordnya dan anda lupa, jika sudah di ganti password dan lupa maka langkah terakhir adalah meminta reset Password ke operator tingkat Kabupaten/Propinsi

      Delete