Dika Tri Andani, M.Pd, Wakili Provinsi Aceh, Juara Internet Sehat 2022

Dika Tri Andani, M.Pd, Wakili Provinsi Aceh, Juara Internet Sehat 2022
Dika Tri Andani, M.Pd, Wakili Provinsi Aceh, Juara Internet Sehat 2022
(sumber foto : www.acehinfo.id)

Dika Tri Andani MPd, guru SMAN 1 Leuser Aceh Tenggara dan juga Komunitas Relawan TIK Aceh berhasil menjadi juara pada lomba jaWAra Internet Sehat digelar pada Minggu 12 Juni 2022 oleh ICT Watch berkolaborasi dengan WhatsApp.

Dika Tri Andani mengangkat tema tentang Cyberbullying. Beliau mengatakan bahwa "Pada moment seleksi ini, saya menceritakan tentang maraknya cyberbullying yang sering terjadi pada anak dan remaja", Cyberbullying adalah segala bentuk kekerasan yang dialami atau dilakukan melalui dunia internet dengan bantuan teknologi, tambah Dika.


Cyberbullying kerap terjadi di sosial media terutama WhatsApp dan Facebook, seperti mengunggah gambar atau video untuk mempermalukan orang lain, mengirim pesan yang mengejek serta menyebarkan rumor.


Dika memberikan pesan untuk orang tua perlu mengawasi anak dalam penggunaan internet sehari-hari dan memberikan pemahaman bagi anak tentang data pribadi yang tidak boleh disebar di internet.


Founder dari @balecreativedu ini juga memberikan pesan kepada generasi muda pengguna internet “Berhati-hati saat berkomunikasi dengan orang yang tidak di kenal di internet, serta mengajarkan mereka untuk bijak berinternet,”


Terpilihnya Dika melalui seleksi ratusan peserta yang diikuti oleh anak muda dari berbagai penjuru di Indonesia melalui ICT Watch yang bekerjasama dengan WhatsApp.


Beliau mempunyai beberapa gagasan kedepannya untuk literasi digital kabupaten/kota di Aceh. Harapannya semoga pemerintah dan stakeholder dapat mengapresiasi serta mendukung gagasannya untuk mewujudkan Aceh Caroeng dalam bingkai literasi digital.

(sumber : www.acehinfo.id)