Tunjangan Sertifikasi Guru Berkurang

Forumpendidikan.com, Tunjangan Sertifikasi Guru merupakan salah satu kebijakan pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup bagi guru PNS dan Non PNS. Tunjangan Sertifikasi guru yang diterimakan kepada sang pengajar dan pahlawan tanpa tanda jasa ini dirasakan sangat bermanfaat bagi guru yang telah layak menerima tunjangan atau telah diakui dengan memilikik sertifikat pendidik.
Tunjangan Sertifikasi Guru Berkurang
Tunjangan Sertifikasi Guru Berkurang

Berkaca dari jumlah Uang yang diterima guru (bersertifikasi) membuat sebagian orang yang iri akan uang yang diterimakan. Jumlah uang yang diterima oleh sertifikasi guru dalam sekali SK muncul bisa mengantongi uang 7 juta bahkan 9 juta. Uang sertifikasi sesuai dengan program pemerintah layaknya digunakan untuk pengembangan keprofesian guru, seperti membeli buku literatur atau mengikuti diklat-diklat pendidikan yang sesuai bidangnya.

Penerimaan Uang sertifikasi guru tidak semuanya berjalan dengan lancar, beberapa kasus yang ditemui dilapangan ada beberapa guru yang mengaku jumlah uang sertifikasinya berkurang, lalu apakah yang menyebabkan jumlah uang sertifikasi yang diterima berkurang ?

Pada postingan kali ini kami akan memberikan pencerahan, mengapa uang sertifikasi anda mengalami perubahan, berikut penjelasannya :

Data Periodik di Dapodik

Proses pencairan Sertifikasi guru sangat berhubungan dengan Aplikasi Dapodik, semua data yang berhubungan dengan data pribadi pendidik harus segera diperbaharui setiap pergantian semester. Jika anda tidak melakukan Update data pada aplikasi Dapodik maka dapat dipastikan Uang sertifikasi yang anda terima akan sama dengan data yang ada pada aplikasi Dapodik di sekolah anda.

SK Berkala

Beberapa data yang wajib anda lakukan perubahan adalah salah satunya berkenaan dengan SK Berkala pegawai. Lakukan update data setiap kali ada perubahan SK berkala, pada SK berkala anda tentu saja setiap melaksanakan kenaikan pangkat pegawai akan mengalami perubahan kenaikan gaji berkala anda, oleh sebab itu pada Aplikasi Dapodik di sekolah anda juga harus melakukkan Update Data secara berkala setiap berganti semester.

Cek SKTP

Langkah berikutnya adalah dengan melakukan Validasi pada data SKTP anda, beberapa kasus yang sering terjadi adalah terkendala pada Nama Rekening pada Bank Penerima dana Sertifikasi Guru yang berbeda dengan SK Pegawai yang bersangkutan.
Jika anda mengalami perbedaan nama pada SKTP dan Nama Rekening Bank dan juga nama Pegawai anda pada SK pengangkatan PNS dapat dipastikan Uang Sertifikasi anda akan mengalami kendala dalam pencairan uang sertifikasi anda.

Solusi

Untuk mencegah kemungkinan terkendala dalam hal pencairan sertifikasi anda, sebaiknya lakukan hal-hal yang berikut ini :
  • Lakukan Update data secara berkala pada aplikasi Dapodik Sekolah yang bersangkutan, Perhatikan SK Gaji Berkala, Nomor Sertifikat Pendidik, Jumlah Mengajar yang minimal 24 Jam, Tugas Tambahan dan lain sebagainya yang berkaitan dengan data Pribadi anda. Dan dipastikan pengisian pada Aplikasi Dapodik sudah benar adanya.
  • Samakan, nama rekening bank anda dengan nama di SKTP, untuk masalah ini diharapkan anda memperhatikan dengan jeli masalah kesamaan nama pada nomor rekening penerima sertifikasi dan Nama SKTP. Jika anda mengalami perbedaan nama tersebut disarankan untuk segera mengubah nama rekening di Bank penerima Uang sertifikasi, sehingga proses pencairan dana sertifikasi anda tidak mengalami kendala.
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 2:03 AM

Click to comment