Pendaftaran PPGJ, Terakhir 20 November 2017

Forumpendidikan.com, postingan kali ini masih seputar pada pendaftaran PPG atau PPGJ untuk pelaksanaan tahun 2017. Seperti yang kita ketahui bersama proses untuk mendapatkan sertifikat pendidik kali ini memang berbeda, pola PLPG yang dulu diterapkan pemerintah untuk mendapatkan Sertifikat Pendidik telah diganti dengan Pola PPG dan PPGJ.
Pendaftaran PPGJ, Terakhir 20 November 2017
Pendaftaran PPGJ, Terakhir 20 November 2017

Adapun untuk pendaftaran PPG dan PPGJ ini bisa dilakukan pada masing-masing akun SIMPKB yang telah dimiliki masing-masing PTK. Bagi PTK yang sudah memenuhi syarat maka PTK tersebut bisa mengajukan pendaftaran untuk PPG dan PPGJ pada akun SIMPKB.
Baca Juga : Alasan Pendaftaran PPGJ ditolak oleh LPTK
Proses pendaftaran PPG atau PPGJ ini diberlakukan hingga 20 November 2017, lewat dari tanggal yang telah ditetapkan maka PTK tersebut tidak bisa mendaftar untuk mengajukan diri sebagai peserta PPG atau PPGJ.

Proses Pendaftaran PPGJ ini bukan tanpa kendala, beberapa kasus yang terjadi adalah kurang nya informasi yang diperoleh PTK bersangkutan, selain itu banyak guru atau PTK yang beranggapan bahwa setelah mendaftarkan diri untuk menjadi peserta PPGJ otomatis akan langsung ditetapkan menjadi peserta PPG.

Beberapa kesalahan yang sering dilakukan PTK pada saat pendaftaran PPGJ yang kami temui diantaranya adalah :
  1. PTK jarang mengikuti informasi yang ada pada SIMPKB.
  2. Kesalahan pada waktu mengupload ijazah S-1 pada waktu pendaftaran Peserta PPGJ di Akun SIMPKB, diantaranya adalah Scan ijazah menggunakan format portrait, seharusnya yang harus diupload adalah scan ijazah dengan format landscape, Ijazah yang diupload adalah fotocopy, perlu diketahui untuk scan ijazah yang dibutuhkan adalah scan ijazah asli bukan fotocopyan, Resolusi scan terlalu rendah.
  3. Ijazah S-1 tidak linier dengan mata pelajaran yang ada pada Aplikasi Dapodik di sekolah.

Jika anda pernah melakukan kesalahan-kesalahan yang tersebut diatas maka anda mempunyai kesempatan untuk memperbaikinya hingga tanggal 20 November 2017. Sebagai saran dan informasi bahwa aplikasi SIMPKB yang telah resmi digunakan sebagai database PTK, maka sangat disarankan agar anda selalu membuka Akun SIMPKB, karena segala sesuatunya yang berkaitan dengan data PTK, Nilai UKG, Riwayat Diklat dan bahkan informasi tentang PPG atau PPGJ nantinya akan diinformasikan melalui SIMPKB.
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 8:47 AM

Click to comment