Rumus Excel Otomatis untuk Keterangan Tuntas dan Tidak Tuntas

Membuat Administrasi Penilaian merupakan salah satu Tugas Guru yang melelahkan, apalagi pada akhir semester atau pada Akhir Evaluasi Pembelajaran selesai. Seorang guru harus menganalisis pekerjaan siswa yang nantinya akan ada tindak lanjut dari hasil pekerjaan siswa.
Rumus Excel Otomatis untuk Keterangan Tuntas dan Tidak Tuntas
Rumus Excel Otomatis untuk Keterangan Tuntas dan Tidak Tuntas

Penggunaan Ms. Excel adalah salah satu cara yang paling mudah untuk menganalisis hasil pekerjaan siswa tersebut, apakah sudah tuntas atau belum tuntas. Pada postingan kali ini Forumpendidikan.com akan memberikan Tutorial Mudah Bagaimana cara membuat Keterangan Tuntas dan Tidak Tuntas pada Aplikasi Ms. Excel. Untuk lebih jelasnya mari simak Tutorial dibawah ini :

Pada Gambar diatas terdapat 5 siswa yang telah menyelesaikan Evaluasi Belajar, nah kali ini kita akan mencoba membuat rumus excel agar muncul keterangan Tuntas dan Tidak Tuntas berdasarkan perolehan Nilai dan KKM yang telah ditetapkan.

Rumus Excel Otomatis untuk Keterangan Tuntas dan Tidak Tuntas
Rumus Excel Otomatis untuk Keterangan Tuntas dan Tidak Tuntas

Rumus Excel yang digunakan untuk memunculkan keterangan Tuntas dan Tidak Tuntas adalah sebagai berikut :
=IF(C6>$E$4,"TUNTAS","TIDAK TUNTAS")
Keterangan
  • sesuaikan C6 dengan Nilai Perolehan Siswa.
  • $E$4 disesuaikan letak standar KKM Mata Pelajaran Anda
  • Simbol Dollar "$" fungsinya adalah untuk mengunci agar tidak berubah-ubah Rumusnya. Dengan cara menggunakan keyboard F4.
  • Untuk Ms. Excel 2007 gunakan tanda (,) Koma sebagai pemisah Keterangan Tuntas dan Tidak Tuntas.
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 1:26 AM

Click to comment