UNBK 2018, Matematika ada isian singkat

Forumpendidikan.com, postingan kali ini akan memberikan informasi tentang pelaksanaan UNBK 2018, Kabar terbaru yang kami himpun pelaksanaan UNBK 2018 untuk jenjang SMA/SMK sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada Ujian Nasional 2018 untuk jenjang SMA/SMK diwajibkan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer.
UNBK 2018, Matematika ada isian singkat
UNBK 2018, Matematika ada isian singkat

Pelaksanaan Ujian Nasional 2018 ini memang sedikit berbeda, disamping perbedaan pelaksanaan Ujian Nasional dengan berbasis Komputer ternyata bentuk soal pada UNBK 2018 berbeda, salah satunya adalah Mata Pelajaran Matematika. Pada Pelajaran Matematika untuk UNBK 2018 ini peserta Ujian Nasional akan menghadapi soal dalam bentuk isian singkat.

Ujian Nasional Tidak Menentukan Kelulusan

Hampir sama dengan pelaksanaan UN sebelumnya, untuk Ujian Nasional 2018 ini memang tidak menentukan kelulusan siswa. Kelulusan Siswa diserahkan sepenuhnya pada Satuan Pendidikan atau sekolah masing-masing.

Proses Kelulusan Siswa pada tahun Ajaran 2017/2018 ini bisa dipengaruhi dari standar kelulusan yang ditetapkan pada masing-masing sekolah. Hal ini berarti proses kelulusan siswa akan dipengaruhi dari perolehan nilai US dan USBN Tahun Ajaran 2017/2018.

Mapel UN Pilihan

Pada pelaksanaan UNBK 2018 ini para siswa akan mengerjakan sebanyak 4 Mata pelajaran yang di ujian nasionalkan. Ke empat Mata Pelajaran tersebut terdiri dari 3 Mapel Wajib dan 1 Mapel Pilihan Jurusan. Pada Mapel Wajib siswa akan mengerjakan  Soal Ujian Nasional : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika.

Sedangkan untuk Mapel Pilihan Jurusan, siswa bisa memilih salah satu Mata Pelajaran dari Jurusan masing-masing, Untuk IPA : Fisika, Kimia, Biologi / IPS : Ekonomi, Geografi dan Sosiologi.

Dari survei yang dilakukan oleh Balitbang, sebanyak 60% siswa dari Jurusan IPA memilih BIOLOGI sebagai Mapel Pilihan, sedangkan untuk siswa dari Jurusan IPS kecenderungan Memilih Mata Pelajaran Sosiologi sebagai pilhan Mapelnya.
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 11:16 PM

Click to comment