Latihan UNBK dengan Server Lokal menggunakan Bee Smart

Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang sangat familiar dengan sebutan UNBK pada bulan April akan segera dilaksanakan, untuk siswa tingkat SMA, MA dan SMK Ujian Nasional Tahun 2018 diwajibkan untuk menyelenggarakan Ujian Nasional dengan Berbasis Komputer.
Latihan UNBK dengan Server Lokal menggunakan Bee Smart
Latihan UNBK dengan Server Lokal menggunakan Bee Smart

Pelaksanaan UNBK yang nantinya diselenggarakan secara serentak tentu bukan tanpa masalah, masalah yang sering dialami terutama bagi sekolah yang baru pertama kalinya akan melaksanakan UNBK. Diantaranya adalah Sarana dan Prasarana penunjang UNBK dan juga melatih peserta didik untuk mengerjakan soal secara online.

Simulasi Puspendik

Sebenarnya untuk persiapan pihak PUSPENDIK akan menyelenggarakan kegiatan Simulai UNBK Tahun 2018, rencananya pelaksanaan Simulasi UNBK ini akan berlangsung sebanyak 3 kali. Hal ini dilakukan untuk melatih siswa kelas XII dalam mengerjakan soal UNBK nantinya.

Simulasi yang dilaksanakan sekolahan melalui PUSPENDIK hanya sebatas latihan bagi siswa agar nantinya dalam mengerjakan soal UNBK tidak kaget dan sudah terbiasa dengan menjalankan Komputer sebagai media dalam pelaksanaan UNBK Tahun 2018.

Simulasi UNBK dengan Beesmart

Kekurangan dari kegiatan simulasi UNBK yang diwadahi oleh PUSPENDIK adalah jumlah soal yang tersedia dalam kegiatan simulasi UNBK, pada pelaksanaan kegiatan simulasi UNBK oleh PUSPENDI hanya menyediakan 2 paket soal, kedua paket soal tersebut itupun gabungan dari dua mapel yang di UNBK kan.

Sebenarnya ada beberapa alternatif bagi sekolah yang ingin mengadakan simulasi maupun try out UNBK untuk kalangan sendiri, yaitu dengan menggunakan aplikasi yang sangat mirip dengan milik PUSPENDIK yakni Aplikasi Bee Smart.

Aplikasi Bee Smart saat ini sudah mencapai versi 3.0, keunggulan dari aplikasi Bee Smart inipun bisa diinstal dan dijalankan pada server lokal milik sekolah yang nantinya pada server pusat sekolah akan menginput bank soal yang telah dibuat oleh masing-masing guru mata pelajaran.

Secara tampilan, aplikasi yang bisa anda dapatkan secara cuma-cuma ini mirip dengan UNBK pada PUSPENDIK, kemudahan yang diberikan oleh Bee Smart ini sedikit banyak dapat membantu siswa dalam mengerjakan soal Simulasi UNBK yang akan dilaksanakan pada bulan April 2018.

Untuk mendapatkan Aplikasi Bee Smart dan cara penginstalan pada server sekolah anda bisa berkunjung di website resmi dari Bee Smart Disini.
Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 7:26 AM

Click to comment