Entri Nilai Raport di Dapodik 2018b

Aplikasi Dapodik saat ini sudah mencapai Versi 2018b, banyak perubahan-perubahan dari aplikasi Dapodik 2018b salah satunya adalah fitur entri nilai raport dan Nilai US/USBN. Fitur Entri Nilai Raport menurut informasi yang kami terima adalah memprioritaskan Nilai Raport pada Semester Ganjil Tahun 2017/2018. Sedangkan untuk Nilai Ujian Sekolah atau Nilai USBN juga diwajibkan untuk di input di dapodik 2018b.

Para Operator Sekolah diharapkan sudah mengentry nilai raport dan Nilai US/USBN satu minggu sebelum pengumuman Kelulusan. Fakta dilapangan banyak operator yang masih bingung untuk input nilai raport dan nilai Ujian Sekolah ataupun Nilai USBN. Beberapa masalah yang dihadapi para operator sekolah dalam mengisi nilai Raport dan Nilai US/USBN akan kami rangkum pada postingan kali ini.
Entri Nilai Raport di Dapodik 2018b
Entri Nilai Raport di Dapodik 2018b

Masalah Entri Nilai Raport dan Nilai US/USBN di Dapodik 2018b

Postingan kali ini forumpendidikan.com akan memberikan solusi tentang permasalahan input nilai raport dan input nilai US/USBN pada Aplikasi Dapodik 2018b. Diantara masalah-masalah yang sering dialami para operator adalah tidak adanya rombel kelas pada tahun ajaran sebelumnya, tidak berhasil melakukan import data Nilai US/USBN ke Aplikasi Dapodik 2018b.

Nilai Raport di tahun ajaran sebelumnya tidak muncul rombel kelas.

Masalah yang pertama untuk entri Nilai Raport adalah Rombel kelas tidak muncul pada tahun pelajaran sebelumnya. Masalah ini dimungkinkan anda belum melakukan generate prefil raport terbaru. Pada proses generate diusahakan anda mendownload prefill raport pada website resminya di Dapodikdasmen lakukan proses generate prefill dengan sempurna.

Tahap kedua, setelah anda mendownload prefill raport dengan sempurna, silahkan taruh hasil prefill generate anda pada folder Prefill Dapodik, serta simpan pada drive D, ini untuk berjaga-jaga hilangnya file prefill raport pada folder Prefill Dapodik.

Tahap ketiga, setelah berhasil melakukan generate Prefill Dapodik lakukan sinkronisasi pada aplikasi Dapodik 2018b, setelah itu cek kembali di fitur Nilai Raport apakah Rombel Kelas pada tahun pelajaran sebelumnya sudah masuk atau belum. Jika masih tidak ditemukan Rombel Kelas pada tahun sebelum bisa dipastikan prefill yang anda unduh belum sempurna 100%. Solusinya adalah lakukan proses generate prefill raport dan ulangi langkah-langkah diatas.

Tidak bisa Entri Nilai Ujian Sekolah di dapodik 2018b

Masalah kedua yang sering dialami operator sekolah dalam menginput nilai US/USBN adalah tidak berhasil menginput nilai US/USBN di Dapodik 2018b. Sebenarnya untuk input Nilai US/USBN Dapodik 2018b sudah menyediakan template berbentuk Ms. Excel.

Dengan adanya template Nilai US/USBN dari Excel ini sangat memudahkan operator untuk memasukkan Nilai US/USBN di Dapodik 2018b. Namun, fakta dilapangan banyak operator yang masih mengalami kesulitan dalam input Nilai US/USBN melalui template dari Dapodik 2018b.

Jika anda mengalami kesulitan untuk mengimport template excel Nilai US/USBN maka yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut :
  1. Unduh atau export template Nilai US/USBN dari Dapodik 2018b.
  2. Persiapkan data Nilai US/USBN yang akan anda copy paste ke template Nilai US/USBN dari Dapodik 2018b.
  3. Pada file Nilai US/USBN yang sudah anda persiapkan, lakukan langkah berikut :
tidak berhasil menginput nilai US/USBN di Dapodik 2018b
tidak berhasil menginput nilai US/USBN di Dapodik 2018b

  • Block daftar nilai yg akan anda paste kan ke template Excel Nilai US/USBN.
tidak berhasil menginput nilai US/USBN di Dapodik 2018b
tidak berhasil menginput nilai US/USBN di Dapodik 2018b

  • Klik kanan, kemudian cari format Cell, pilih Text, kemudian OK.
  • Terakhir adalah pastekan Nilai raport ke template Nilai US/USBN dari Dapodik 2018b.
Berikutnya, adalah anda lakukan import pada aplikasi Dapodik, dan selesai.

Demikian tadi cara mudah untuk mengatasi input nilai raport dan nilai US/USBN pada Dapodik 2018b, semoga bisa bermanfaat. 



Forum Pendidikan
www.forumpendidikan.com Updated at: 12:17 AM

Click to comment