Info GTK Tidak Valid, Dapodik 2019

Forumpendidikan.com pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang banyaknya pertanyaan kepada operator sekolah. Pertanyaan ini sering dilontarkan dari guru sertifikasi tentang Info GTK yang tidak Valid. Kekurang informasi tentang proses pencairan sertifikasi guru ini menjadikan operator sebagai sasaran pertanyaan mengapa info GTK pada guru sertifikasi tidak Valid.
Info GTK Tidak Valid, Dapodik 2019
Info GTK Tidak Valid, Dapodik 2019

Dapodik 2019, Cut Off BOS 21 September

Info GTK tidak Valid bagi guru bersertifikasi ini dikarenakan pada saat ini (bulan juli-september) operator Dapodik masih disibukkan oleh penginputan Data Peserta Didik pada aplikasi Dapodik 2019, hal ini disebabkan karena batas Cut Off untuk pencairan Dana BOS adalah 21 September 2019.

Dengan kata lain, pihak pengembang Dapodik atau pun pemerintah masih belum mengambil data untuk guru-guru yang sudah terdaftar di Dapodik.

Info GTK untuk penerbitan SKTP

Agenda operator Dapodik setelah membereskan input data peserta Didik selanjutnya adalah melakukan update data secara periodik PTK yang bersangkutan. Operator Dapodik Sekolah akan menginput data yang terkait dengan syarat penerbitan SKTP.

Adapun SKTP akan langsung berhubungan dengan Sertifikasi Guru, untuk pencairan Sertifikasi Guru Triwulan III dijadwalkan pada bulan September (paling cepat) untuk itu bila ada perubahan Gaji Berkala bagi Guru bersertifikasi hendak segera menginputnya di Aplikasi Dapodik Sekolah, sehingga nantinya uang sertifikasi di Tri Wulan III akan keluar sesuai dengan Gaji Berkala yang terbaru.