Program Literasi Sekolah Kurikulum 2013

Perubahan kurikulum pendidikan di Indonesia untuk menjadikan pendidikan lebih baik lagi memang menjadi PR kita bersama, salah satunya adalah penerapan Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah, ada hal yang menarik dalam penerapan Kurikulum 2013, yaitu Budaya Literasi.

Apa itu Literasi? Literasi menurut kamus besar Bahasa Indonesia, Literasi adalah kemampuan untuk memahami, menganalisa, dan menceritakan kembali. Budaya Literasi sebenarnya mengikuti dengan Tujuan Pokok Pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu membaca.
Program Literasi Sekolah Kurikulum 2013
Program Literasi Sekolah Kurikulum 2013

Pada Kurikulum 2013 penerapan budaya Literasi ini bisa diterapkan sebelum kegiatan pembelajaran dimulai atau dengan kata lain diluar kegiatan belajar mengajar efektif, selain itu pada masing-masing mata pelajaran pun bisa menerapkan budaya literasi.

Tujuan Literasi di Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 dengan adanya Literasi sebenarnya memiliki misi yang sangat sederhana, misi Literasi atau Tujuan Literasi yang paling sederhana dari penerapannya di kurikulum 2013 adalah membekali peserta didik dengan kecakapan individu untuk menganalisa masalah, sehingga nantinya dapat menyelesaikan masalah dengan memunculkan ide-ide kreatif dari budaya membaca. Dengan kata lain peserta didik akan lebih bersifat kritis terhadap suatu permasalahan yang akan dihadapi kelak di masyarakat.

Contoh Program Literasi Sekolah Kurikulum 2013

Forumpendidikan.com kali ini kami akan memberikan contoh program Literasi Sekolah yang di terapkan Kurikulum 2013. Pada Contoh Program Literasi Sekolah bisa anda unduh untuk disesuaikan dengan kondisi di sekolah anda.

Program Literasi sekolah ini sebaiknya dilengkapi dengan format penilaian program Literasi sekolah yang kesemuanya itu disesuaikan dengan mata pelajaran yang melaksanakan program Literasi Sekolah. Untuk lebih jelasnya tentang Program Literasi Sekolah silahkan anda bisa melihatnya pada tampilan dibawah ini.


Jika anda ingin mengunduh program Literasi Sekolah seperti pada tampilan diatas, anda bisa mengunduhnya pada link dibawah ini.
Program Literasi Sekolah