Soal UTN PLPG 2017 Materi Pedagogik, Kesulitan Belajar Siswa

Pelaksanaan Tahapan Prakondisi untuk peserta PLPG 2017 telah berakhir, bahkan ada beberapa elompok mata pelajaran yang sudah masuk ke kelas PLPG 2017. Setelah Pelaksanaan Tahap Prakondisi para peserta Sertifikasi Guru 2017 ini harus menempuh jam tatap muka selama 12 hari lamanya.
Soal UTN PLPG 2017 Materi Pedagogik, Kesulitan Belajar Siswa
Soal UTN PLPG 2017 Materi Pedagogik, Kesulitan Belajar Siswa

Tidak hanya itu saja, peserta PLPG 2017 ini juga nantinya akan melaksanakan UTN atau Ujian Tulis Nasional, Para Peserta PLPG 2017 akan mengerjakan Soal Ujian Tulis Nasional untuk mengukur daya serap materi dari sumber belajar Pedagogik dan juga pada sumber belajar materi Profesional masing-masing mata pelajaran.

Para peserta PLPG 2017 dinyatakan LULUS PLPG jika nilai yang diperoleh pada saat UTN mencapai minimal 80. Untuk mencapai KCM diatas 80 ini Forumpendidikan.com pada postingan kali ini akan memberikan Latihan Soal UTN yang terdapat pada materi sumber belajar Pedagogik. Pada Soal UTN yang akan kami berikan ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban sehingga anda dapat mudah mengingat dan mempelajari jika andai saja soal UTN yang akan anda hadapi hampir sama dengan soal yang kami berikan.

Berikut Soal UTN materi Sumber Belajar Pedagogik pada pembahasan "Kesulitan Belajar Siswa" :

1. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan hubungan yang baik
D. menformulasikan tindakan

2. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
A. Mengulang kembali bahan yang diajarkan
B. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan

3. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar.  Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A.kesulitan akademis
B.gangguan simbolik
C.gangguan nonsimbolik
D.gangguan social

4. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B. Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu

5. Cara yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah …
A. sosiometri
B. angket
C. wawancara
D. brainstorming

6. Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang  diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?
 A. Memindahkantempat duduk peserta didik  ke meja yang paling depan
 B. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
 C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
 D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber

7. Peserta didik banyak meluangkan waktu untuk bermain dengan teman-temannya. Dia rela menghabiskan waktunya untuk teman daripada belajar. Ketika hasil tes dibagikan, serta didik mendapat nilai yang kurang memuaskan. berusaha menyadarkan siswa. hal tersebut merupakan penyadaran kesulitan belajar yang bersumber dari faktor ...
A. keluarga
B. sosial
C. kondisi fisik
D. intelektual

Kunci Jawaban :
1. C
2. D
3. B
4. C
5. A
6. C
7. B