Soal UTN PLPG 2017 Materi Sumber Belajar Perkembangan Kognitif Peserta Didik

Forumpendidikan.com kali ini akan memberikan contoh soal UTN untuk peserta PLPG 2017. Pada Soal yang akan kami berikan untuk persiapan pelaksanaan UTN PLPG 2017 ini dapat anda jadikan sebagai bahan referensi belajar anda dengan materi Sumber Belajar Perkembangan Kognitif Peserta Didik.
Soal UTN PLPG 2017 Materi Sumber Belajar Perkembangan Kognitif Peserta Didik
Soal UTN PLPG 2017 Materi Sumber Belajar Perkembangan Kognitif Peserta Didik

Soal UTN PLPG 2017 ini sudah kami lengkapi dengan kunci Jawaban, sehingga anda dapat dengan mudah mempelajari tentang sumber belajar Perkembangan Kognitif Peserta Didik. Dengan adanya Contoh Soal UTN dan Jawaban ini semoga anda bisa memperoleh nilai diatas KCM 80 untuk pelaksanaan UTN PLPG 2017. Berikut Soal dan Jawaban UTN PLPG 2017.

1.Kemampuan berikut ini yang merupakan perkembangan kognitif adalah…
A.kemampuan berkomunikasi
B.kemampuan berinteraksi
C.kemampuan untuk mengintegrasikan diri
D.Kemampuan untuk memecahkan masalah


2.Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A.0 - 2 tahun
B.2 -- 7 tahun
C.7 -- 11/12 tahun
D.11/12/ -- 14/15 tahun


3.Faktor utama yang memengaruhi perkembangan kognitif peserta didik  adalah . . .
A.perasaan
B.gaya pengasuhan
C.psikologis
D.individu


4.Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir  anak yang dikenal sebagai tahapan

A.Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
B.Dominasi pengamatan bersifat egosentris
C.Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
D.Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang
E.bersifat konrit (operasional formal)


5.Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia  mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...

A.penalaran pascakonvensional
B.penalaran konvensional
C.penalaran prakonvensional
D.penalaran interkonvensional


6.Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral
A.Prekonvensional
B.Konvensional
C.Pascakonvensional
D.Interkonvensional

Kunci Jawaban :
1. D
2. C
3. B
4. C
5. A
6. C

Soal-soal diatas termasuk dalam soal UTN PLPG 2017 dari sumber Belajar Pedagogik. Demikian Sharing singkat kami tentang soal UTN Pedagogik untuk peserta PLPG 2017. Semoga Bermanfaat